Cara Mengajarkan Anak Kebiasaan Membaca

by
February 13th, 2015 at 3:13 pm

CiriCara.com – Buku adalah jendela ilmu. Karenanya sangat penting bagi para orang tua untuk mengajarkan kebiasaan membaca pada anak. Karena dengan membaca, ilmu dan pengetahuan anak akan bertambah. Tidak hanya dari buku tapi bisa juga dari media lainnya.

membaca

Mengajari anak membaca – Erlanggaforkids.com

Mengajarkan anak untuk membaca sejak kecil tentu akan sangat berguna untuk masa depan. Tidak usah menunggu sampai anak masuk sekolah dasar. Kalau Anda bisa mengajari anak membaca di rumah, kenapa harus menunggu sampai masuk sekolah?

Menanamkan kebiasaan membaca pada anak itu memang susah, butuh kesabaran ekstra. Kita sebagai orang yang sudah dewasa saja terkadang masih suka malas untuk membaca. Apalagi anak yang masih kecil yang pikirannya masih ingin main terus?

Tidak perlu khawatir, berikut ada beberapa cara untuk meningkatkan kebiasaan anak membaca yang bisa Anda coba di rumah.

1. Ganti mainan dengan buku

Saat ini sudah banyak kok buku-buku yang berisi edukasi sekaligus bisa jadi permainan yang menyenangkan buat si kecil. Anda bisa membeli buku bergambar dimana terdapat tulisan juga di dalamnya. Supaya anak tertarik, minta dia untuk mewarnai gambar tersebut. Jika sudah selesai diwarnai, ajari anak untuk membaca tulisan yang ada di gambar tersebut.

2. Membuat rak buku

Anda bisa membuatkan si kecil rak bukunya sendiri. Jika koleksi bukunya sudah banyak, coba urutkan buku-buku tersebut sesuai dengan judul. Misalkan buku “Mari Menggambar” Anda bisa masukkan di rak buku bertanda “M”. Selain melatih kedisiplinan si kecil, cara ini juga bisa menjadi penguji seberapa paham si anak dengan huruf-huruf alfabet.

3. Ajak ke perpustakaan/toko buku

Cobalah untuk sesekali mengajaknya pergi ke perpustakaan atau toko buku dan biarkan dia memilih sendiri buku apa yang dia inginkan. Hal ini bermanfaat untuk menambah ketertarikan anak terhadap buku-buku yang ada. Jangan hanya mengajaknya ke toko mainan, toko buku juga bermanfaat untuk perkembangan si kecil.

4. Minta dia membaca

Saat pergi jalan-jalan dan Anda melihat poster atau papan yang ada tulisannya, cobalah untuk meminta anak membacanya. Meskipun hanya terdapat tulisan “Pintu Keluar”, hal ini sangat bermanfaat untuk menambah kosakata si kecil. Jadi Anda bisa jalan-jalan sekalian mengajari si kecil membaca. Mudah bukan?

5. Jangan memaksa

Terlalu memaksa anak untuk membaca ini itu hanya akan membuat dia frustasi. Akibatnya saat disuruh membaca pun dia bakal tidak serius. Jika memang dia sudah malas atau bosan, maka biarkan saja dulu. Nanti kalau semangatnya sudah terkumpul, dia bakalan minta diajarin membaca sendiri kok.

Mengajarkan kebiasaan membaca pada anak ini memang butuh kesabaran. Jadi jangan mudah menyerah ya ibu-ibu dan bapak-bapak!

(YG)

Comment di sini