Hal Buruk yang Dapat Menganggu Kerja Otak

by
February 13th, 2015 at 9:56 am

CiriCara.com – Siapa yang nggak punya otak? Hehehe… Pasti semuanya punya otaklah ya. Walaupun terkadang mungkin beberapa mengatakan bahwa kita tidak punya otak karena kesalahan kita. Ada yang tahu bagaimana otak itu? Pada umumnya, otak manusia terdiri dan tersusun lebih dari 100 milyar syaraf. Banyak banget ya. Tiap sel syaraf itu juga terhubung antar satu syaraf dengan sel syaraf lain. RUmit banget dong? Itulah uniknya susunan otak pada manusia.

otak bermasalah

Masalah otak – Ist

Dengan susunan syaraf yang serumit itu, manusia mempunya kebiasaan buruk untuk tidak menyayangi otaknya. Manusia kerap kali melakukan berbagai hal yang secara sadar atau pun tidak sadar akan menganggu kerja otak karena kebiasaan buruk itu. Yuk disimak beberap kebiasaan buruk manusia yang sering dilakukan sehingga dapat menganggu kerja otak secara optimal.

1. Kurang Tidur

Hayo, siapa yang suka begadang? Pada dasarnya, tidur membuat otak kita dapat beristirahat. Dengan kita mengurangi tidur, berarti kita mengurangi jatah otak untuk beristirahat. Pada umumnya, seorang manusia dewasa harus mempunyai jam tidur sekitar 6-8 jam sehari.

2. Terlalu Banyak Makan

Kok bisa? Apa hubungannya makanan sama otak? Tahukah kalian, sebenarnya terlalu banyak makan, atau misalnya kita makan hingga perut terasa begah, maka itu juga akan memberatkan kerja otak. Pembuluh darah dalam otak akan mengeras sehingga menganggu kinerja otak. Oleh karena itu makanlah dalam porsi yang normal dan cukup, jangan sampai terlalu kenyang.

3. Jarang Bicara

Perkataan yang keluar dari mulut kita akan melatih stimulasi otak. Oleh karena itu bagi kalian yang merasa pendiam, harus mulai banyak bicara untuk melatih otak, tentunya hal yang diperbincangkan harus bermutu ya.

4. Tidak Mau Sarapan

Nah, ini juga sering banget dilakukan oleh banyak orang. Banyak alasan seperti kesianganlah atau apalah sehingga membuat kita tidak mau sarapan. Tapi tahukah kalian sebenarnya kalau kalian tidak mau sarapan, maka akan membuat kadar gula dalam darah berkurang sehingga mengakibatkan nutrisi tidak sampai ke otak sehingga menganggu kinerja otak.

5. Merokok

Bagi para lelaki terutama. Ternyata, zat-zat yang dihisap oleh manusia pada sebatang rokok akan menyebabkan efek samping berupa penyusutan kapasitas otak manusia. Oleh karena itu, membuat kita lebih tercepat terkena penyakit alzheimer atau pada umumnya disebut pikun.

Gimana? Banyak nggak hal di atas yang jadi kebiasaan kamu? Sayangilah otak kalian. Selamat hidup sehat. Semoga bermanfaat.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini