Hal yang Harus Diperhatikan Sebagai Seorang Freelancer

by
February 13th, 2015 at 2:39 pm

CiriCara.com – Sebelumnya udah dibahas mengenai keuntungan menjadi seorang freelancer. Memang enak sih, salah satunya adalah bebas atau fleksibel waktu. Namun, menjadi seorang freelancer yang sukses tidak serta merta semudah itu. Kalian harus memperhatikan beberapa hal simpel berikut yang mungkin sering diabaikan ketika seseorang memutuskan menjadi seorang freelancer sehingga mereka berpendapat bahwa mereka menjadi seorang freelancer yang gagal. Padahal sebenarnya menjadi seorang freelancer bisa kok menjadi sukses.

sukses karir

Sukses – Ist

1. Kritis Terhadap Bakat dan Sifat Diri Sendiri

Kalian harus tahu, apa sebenarnya bakat khusus yang ada dalam diri kalian yang bisa kalian andalkan atau jual jasa dalam menjadi seorang freelancer. Dengan mengetahui hal ini, kalian jadi bisa lebih fokus dalam mengambil proyek serta mempromosikan diri.

2. Relasi Yang Baik, Kuat dan Luas

Jika kamu jadi seorang karyawan, kamu tidak perlu punya koneksi yang banyak, kuat, serta luas untuk memperoleh pekerjaan. Perusahaan akan menyediakannya sendiri kepada anda. Namun, jika sebagai seorang freelancer, kalian htidak akan menerima pekerjaan dari perusahaan. Kalian harus menemukannya sendiri. oleh karena itulah dibutuhkan koneksi yang baik, kuat dan luas sehingga bisa mendapatkan proyek dan pekerjaan yang bagus dan cocok.

3. Disiplin dan Komitmen

Walau kalian kerja tanpa tekanan dari bos dan bebas waktu, kalian harus tetap bekerja secara profesional. Misalnya dengan menyelesaikan pekerjaan sesuai waktu yang ditentukan pelanggan dan mengerjakan sesuai keinginannnya. Jangans ampai mengecewakan pelanggan, karena kalian harus membuat brand image anda menjadi baik.

4. Orientasi Pelanggam

Jika bekerja secara profesional, maka pelanggan akan merasa puas. Nah, kepuasan pelanggan inilah yang menjadi bagian marketing paling penting. Tanpa bersusah [ayah, dari mulut ke mulut akan tersebar kepuasan pelanggan terhadap kinerja kita sheingga semakin banyak yang tertarik menggunakan jasa kita.

5. Penyesuaian Harga

Walau freelancer, kalian tidak bisa seenaknya ya. Kalian tidak bisa kemahalan atau kemurahan Jangan merusak harga pasaran karena itu merupakan persaingan yang kurang sehat. Bisa lebih murah, namun jangan terlalu jauh bedanya.

Gimana? udah siap jadi seorang freelancer. Minimal hal tersebu harus dapat anda lakukan dalam menjalani kehidupan seorang freelancer. Selamat hidup sukses. Semoga bermanfaat.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini