Batu Akik Lafaz Allah Milik Ibu Ani Palsu atau Asli?

by
February 16th, 2015 at 2:06 pm

CiriCara.com – Ibu Ani Yudhoyono kembali membuat heboh setelah mengunggah foto cincin batu akik koleksinya di akun Instagram miliknya. Batu akik koleksi Ibu Ani ini tergolong unik dan lain dari yang lain karena di dalamnya terdapat lafaz Allah dengan bahasa Arab.

batu akik

Batu akik koleks Ibu Ani Yudhoyono – Ist/Instagram

Sejak diunggah pada 2 Februari 2015 lalu, foto batu akik Ibu Ani tersebut sudah mendapat 28 ribu lebih like serta 1 ribu lebih komentar dari followernya. Dalam foto terlihat tiga cincin batu akik, satu berwarna hitam dengan corak putih, satu batu dengan perpaduan merah muda, sementara satu lagi transparan dengan lafaz Allah.

Koleksi Ibu Ani tersebut pun membuat followernya kagum. Banyak yang menilai koleksi batu akik istri mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini sangat bagus. “Bu @aniyudhoyono keren banget batunya,” tulis akun Instagram abien2209.

Meskipun demikian, tak sedikit pula yang mempertanyakan keaslian batu akik Ibu Ani. Pasalnya, untuk mendapatkan batu dengan corak yang unik seperti itu sangat susah. Apa kata pengrajin batu akik soal koleksi batu Ibu Ani?

Syafrudin menilai tidak ada yang istimewa dari cincin batu milik Ibu Ani. Soal keaslian dari batu tersebut, pemilik usaha batu akik ini pun tidak berani menjawab. Menurutnya butuh penelitian secara langsung untuk bisa mengetahuinya.

“Kita harus pegang dulu. Banyak yang bikinan (palsu) mas,” kata Syafrudin, seperti dikutip dari Merdeka.com, Senin (16/2/2015).

Lebih lanjut, Syafrudin menilai corak atau lafaz Allah di batu akik Ibu Ani itu bisa saja corak buatan manusia bukan alami dari alam. Pasalnya, mencari batu alam dengan motif atau corak yang unik seperti itu sangat susah.

Namun begitu, Syafrudin tidak berani memastikannya. “Batu dengan lafaz Allah bisa bikinan mas, bisa juga asli tapi batu alam kaya (koleksi Ibu Ani) itu susah dapat yang asli karena gimana kuasa Allah, Wallahualam,” ujarnya.

Untuk mengetes keaslian batu akik itu sendiri, kata Syafrudin, bisa dibuktikan dengan meneteskan air ke batu tersebut, cukup satu kali saja. Jika tetesan air tersebut tidak pecah, berarti batu tersebut asli. Tapi jika sebaliknya, maka bisa dipastikan batu itu palsu.

Soal harga, Syafrudin menjelaskan bahwa batu akik itu tidak bisa dinilai harganya. Semua tergantung dari minat masing-masing. Jika merasa cocok dan suka dengan batu akik tertentu, maka bisa dipastikan orang tersebut akan membelinya tidak peduli mahal atau murah.

Ya, terlepas dari semua itu, koleksi batu akik Ibu Ani memang sangat mengagumkan. Apalagi bagi orang yang masih awam dalam dunia batu cincin, pasti akan langsung terkesima melihat motif batu dengan lafaz Allah itu. Bagaimana menurut kalian?

(YG)

Comment di sini