Boomingnya Batu Mulia

by
February 16th, 2015 at 11:19 am

CiriCara.com – Mengawali tahun 2015 ini adalah maraknya penjulan batu-batu mulia di seluruh Indonesia, di daerah penulis sendiri Tegal misalnya banyak yang berjualan batu mulia yang sudah jadi, di emperan toko, bahkan pasar malam tepatnya di alun-alun juga ada, sejak penulis masih kecil sering diajak untuk hanya melihat-lihat batu-batu mulia yang dijual, dulu umumnya termurah hanya sekitar Rp.10.000 s/d 50.000,-, tetapi kini di tahun ini batu-batu mulia sungguh naik kelasnya disamping harganya yang cukup merangkak naik itupun tergantung jenis dan bentuk batu-batu, semakin unik, warna, ornament-ornamen pada batu, maka semakin mahal harganya.

contoh batu mulia

Batu mulia – Ist

Proses terbentuknya batu-batu mulia tersebut berawal dari bongkahan-bongkahan batu mentah yang diperoleh dari kawasan alam perbukitan, dan dari alam tersebut bongkahan-bongkahan batu itu dibentuk sedemikian rupa sehingga akan menghasilkan bentuk batu yang unik dan menjadi mata cincin atau kalung. Pembentukan batu mulia ini tidak jauh berbeda dengan pembentukan batuan secara universal, oleh karenanya pembentukan batu mulia kemungkinan terjadi karena melalui proses yang panjang yaitu proses geologi seperti diferensiasi magma, proses sedimentasi atau metamorfosa.

Macam-macam batu mulia yang diproses oleh unsur-unsur kimiawi dari sudut pembentukannya.

  • Rubi dan Safir. Dua jenis batu ini masih berkerabat, karena sama-sama dibentuk oleh mineral atau Kristal aluminium oksida A12O3. Kristal ini secara alami berwarna bening jernih, tetapi bisa juga berwarna lain, apabila berikatan dengan komponen unsur yang lain juga. Rubi atau sering disebut dengan mirah berwana merah dikarenakan Kristal tersebut mengandung Kromium (Cr), tetapi Safir merupakan Kristal berwarna selain merah, misalnya biru jika Kristal tersebut mengandung sedikit zat titanium (Ti) dan mempunyai warna kuning berarti mengandung besi (Fe). Adapun nilai kekerasan Safir dan Rubi adalah 9 Skala Mohs.
  • Chysoberyl. Batuan ini terdiri dari beryllium dan aluminium oksida yang mempunyai kode ikatan [A12(BeO4)]. Batuan jenis ini mempunyai kekerasan sekitar 8,5 Skala Mohs, dan yang termasuk jenis batu ini adalah mata kucing/harimau. Karakteristik batu mata kucing ini adalah adanya mata berupa kilau atau efek cahaya di permukaanya yang berupa garis putih yang bisa bergoyang-goyang bila digerakkan.

Demikian sekilas tentang batu mulia seperti akik yang akhir-akhir ini sedang naik daun, semoga bermanfaat.

Penulis: MasArif

Comment di sini