Cara Atasi Banjir dengan Biopori

by
February 16th, 2015 at 2:32 pm

CiriCara.com – Musim hujan telah tiba. Banyak orang tak bisa berkata ‘hore’ karena rumahnya tergenang air. Saluran got sudah normal, tapi kok tetap banjir? Itu artinya, kemampuan tanah untuk menyerap air sudah berkurang. Sementara itu, lahan yang sempit tidak memungkinkan untuk menanam pohon.

biopori

Contoh biopori – Ist

Tidak perlu pusing, buat saja penyuntik air alias biopori.

Peralatan dan Bahan

Siapkan bor tanah, soil ring sampler, dan roster (sejenis batako yang dirancang berlubang, biasanya untuk ventilasi). Siapkan air, pasir, semen, dan sampah organik seperti dedaunan.

Cara Membuat

Tandai beberapa titik biopori. Jumlahnya sesuai dengan kondisi genangan di rumah kamu. Ada baiknya, kamu juga membuat lubang ini di saluran air hujan. Putar bor tanah di atas titik sehingga terbentuk lubang. Jika rongga bor sudah penuh, buang tanahnya kemudian gali kembali. Lakukan hingga kedalaman sekitar 1 meter. Diameter yang diperlukan ialah 10 – 15 cm.

Letakkan roster di atas lubang, keempat sudutnya. Dari setiap sudut itu, tarik jarak beberapa sentimeter, lalu gali untuk membuat permukaan yang lebih rendah. Kedalamannya disesuaikan dengan tinggi roster. Aduk semen, air, dan pasir dengan perbandingan 1:3:4. Masukkan soil ring sampler hingga permukaannya sejajar dengan lubang biopori.  Masukkan daun-daun kemudian semen tepian lubang agar ring menempel. Biarkan kering.

Letakkan roster di atas biopori, lalu semen pinggirannya hingga batas galian dangkal tadi. Selagi basah, lepaskan roster agar bisa dibongkar-pasang. Setelah kering, masukkan bata berongga tersebut.

Perawatan

Lubang resapan yang kamu buat akan sia-sia jika tidak dijaga dengan baik. Sampah organic yang telah mengurai perlu diganti dengan yang baru. Sampah organik berfungsi sebagai media hidup bakteri yang membuat pori-pori. Air akan meresap ke dalam tanah melalui lubang-lubang kecil tersebut.

Buang sampah anorganik seperti plastik, kaca, dan logam yang masuk ke biopori. Hal ini dapat menganggu proses alamiah bakteri dan mencemari tanah.

Bonus

Sampah organik dalam biopori dapat berubah menjadi kompos setelah kurang lebih satu bulan. Ambillah pupuk alami tersebut kemudian isi kembali dengan daun baru. Penyubur ini dapat dimanfaatkan untuk kebun pribadi kamu atau dijual.

Penulis: Ummu Solid

Comment di sini