Fakta yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Terjun ke Dunia Wiraswasta

by
February 16th, 2015 at 8:47 am

CiriCara.com – Siapa sih yang nggak ma jadi bos? Atau disini ada yang ingin jadi karyawan terus? Yah, tapi sebagian besar dari kita pasti menginginkan menjadi seorang bos. Pada dasarnya kita tidak suka diperintah atau ditekan, karena itu banyak yang ingin menjadi bos.

usaha

Wiraswasta jualan kue – Ist

Tapi untuk menjadi seorang bos, tentunya kita harus mempunyai usaha sendiri atau sering disebut dengan wiraswasta. Tapi sebelum terjun ke dunia wiraswasta, kamu harus ketahui beberapa fakta seputar dunia seorang wiraswastawan.

1. Menjadi Bos Atas Diri Sendiri, Karyawan Atas Diri Sendiri

Menjadi seorang wiraswasta yang baik bukan hanya jadi seorang bos. Jika kalian berpikir alau menjadi seorang wiraswasta hanyalah menduduki peran sebagai bos, kalian agak keliru tentang hal itu. Seorang yang ingin terjun ke dunia wiraswasta harus bisa menangani dirinya sendiri. Ia harus bisa bekerja untuk dirinya sendiri. Apa gunanya? Hal ini digunakan agar kita bisa mendidik diri sendiri menjadi seorang karyawan yang oatuh sehingga kelak bisa memimpin karyawan kita sendiri secara bijak.

2. Keluar dari “Comfort Zone”

Kalian tidak menerima uang secara rutin. Kisaran jumlahnya pun tidak akan pasti. Hal itu hanya tergantung seberapa keras dan banyak pekrjaan yang ada pada anda. Kalian tidak bisa merasa nyaman, kalian harus keluar dari zona nyaman. Kenapa? Terkadang zona nyaman tidak membuat seseorang menjadi kreatif. Sebagai seorang wiraswastawan, kalian harus menghilangkan perspektif bahwa dunia wiraswasta adalah dunia dimana yang ada namanya “comfort zone”.

3. Membuka Lapangan Pekerjaan Baru

Apa gunanya menjadi seorang wiraswastawan, jika kalian tidak menciptakan lapangan pekerjaan yang baru? Kalian harus bisa menciptakan lapangan pekerjaan yang baru. Tentunya dengan visi dan misi memberi kehidupan dan penghasilan yang layaka kepada karyawan anda dengan tujuan menyejahterakan kehidupan mereka. Tentunya itu harus diimbangi sama pendapatan kalian serta kerja keras mereka ya. Jangan sampai merugikan satu sama lain.

4. Tanggung Jawab

Kalian akan dituntut bertangung jawab yang besar. Tidak hanya untuk diri sendiri tetapi untuk karyawan dan usaha kalian juga. Ini merupakan salah satu tugas dan fakta utama yang harus ada dalam diri seorang wiraswasta.

Tertarik di dunia wiraswasta? Tentunya semua itu harus kamu pertimbngkan dengan matang ya. Harus ada kerja keras, inovasi, kreativitas, pantang menyerah dan hal positif lainnya. Selamat hidup sukses. Semoga bermanfaat.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini