10 Keunikan dari Cerita Pendek (Cerpen)

by
February 17th, 2015 at 9:27 am

CiriCara.com – Cerita pendek atau cerpen merupakan cerita yang di dalamnya menceritakan kehidupan, baik kehidupan keluarga, kehidupan anak-anak, kehidupan orang dewasa. Dan tokoh-tokoh dalam cerita pendek dibikin terbatas, bisa menceritakan (mengarang) kehidupan dua remaja yang sedang jatuh cinta, atau menceritakan dirinya (penulis) dengan satu orang atau beberapa orang.

cerita pendek

Cerpen – Ist/Luqman Sastra

Cerita pendek mempunyai keunikan-keunikan dibanding cerita di luar cerita pendek. Keunikan-keunikan tersebut di antaranya, pada:

  1. Tema. Tema pada cerita pendek mempunyai komitmen yang jelas, karena tema menjadi tulangpunggung cerita. Disamping itu cerita pendek memiliki pesan dan arti yang tersirat di dalamnya. Tema pada cerpen ini seperti tali yang menghubungkan awal dan akhir cerita dimana dalam cerpen tersebut isinya terdapat alur, karakter tokoh, setting cerita dan lainnya.
  2. Karakter. Pada cerita pendek jumlah karakter para tokoh-tokohnya atau pelaku di cerita sangat terbatas, karena apabila terlalu banyak tokoh maka membuat cerita tidak fokus pada tema. Syarat karakter pada cerita pendek, berikut ini: (a) Karakter tokoh harus mempunyai sifat dan kepribadian tertentu. (b) Konsisten dengan kepribadian karakter para tokoh/pelaku dalam cerpen, (c) Pembaca mencintai karakter penulis
  3. Waktu yang singkat. Dalam cerita pendek, yang efektif adalah menampilkan cerita yang lebih singkat. Hal tersebut bisa berupa satu kejadian dalam kehidupan karakter utama penulis atau berupa cerita yang berakhir dalam satu hari, dan dengan waktu yang lebih singkat itu, hendaknya agar kejadiannya dapat memunculkan tema yang anda bikin.
  4. Setting cerita yang tepat. Cerita pendek memiliki kata-kata atau kalimat yang cukup pendek, berarti setting cerita atau tempat kejadian juga harus berperan dalam ikut mendukung jalannya suatu cerita, tetapi tidak harus selalu memilih setting yang tipikal dan mudah ditebak.
  5. Penokohan pelaku. Pada cerita pendek biasanya tokohnya sedikit sekitar 3 atau 4 pelaku, dan hanya 1 tokoh pelaku yang mempunyai peranan penting dalam cerita pendek ini.
  6. Adanya dialog.Pada cerita pendek, mementingkan adanya dialog-dialog antar tokoh/pelaku pada cerita pendek.
  7. Adanya alur cerita. Cerita pendek mengandung alur cerita yang sesuai dengan tema dan yang sudah ditetapkan sebelumnya. Di alur cerita pendek tidak ada percabangan alur cerita yang mutlak.
  8. Penggunaan kata. Karena pada cerita pendek kata/kalimat yang sedikit, maka gunakanlah kata yang efisien dan tidak ada kalimat yang panjang-panjang seperti penggunakan kalimat deskriptif.
  9. Adanya impresi. Secara umum, penulisan cerpen diawali dengan cerita pengenalan karakter, konflik dan resolusi, tetapi tidak harus cerita yang demikian. Tetapi cerita pada awal pembukaan berupa impresi dengan mengawali dengan konflik antar tokoh, sehingga pembaca penasaran ingin membacanya sampai akhir cerita.
  10. Kejuatan. Pada cerpen biasanya ada cerita yang mengejutkan, artinya si pembaca tidak mengerti apa akhir cerita itu (bikin penasaran pembaca).

Demikian keunikan cerita pendek, selamat membaca.

Penulis: MasArif

Comment di sini