3 Hal Penting dalam Membersihkan Rumah Pasca Banjir

by
February 17th, 2015 at 4:00 pm

CiriCara.com – Kala banjir sudah surut, sebagian orang belum bisa bernafas lega. Ini karena tugas membersihkan rumah menanti. Namun, ada beberapa hal penting yang sering terlupakan, apalagi bagi mereka yang pertama kali dilanda banjir. Bahkan, kelalaian tersebut dapat memakan korban jiwa.

rumah kebanjiran

Membersihkan rumah usai banjir – Ist

Selain itu, mikroorganisme pada air dan lumpur banjir dapat membahayakan kesehatan. Sebagian orang membersihkan peralatan dengan cara yang sama. Sebenarnya, setiap perangkat perlu dibersihkan dengan cara yang berbeda, khususnya barang yang sering bersentuhan langsung dengan tubuh kita.

Mematikan listrik

Jangan sekali-kali melupakan hal ini. Jangan menghidupkan listrik saat rumah masih basah dan berlumpur. Kamu tidak tahu kabel dan barang elektronik mana yang terendam. Kondisi ini dapat menyebabkan korsleting bahkan menyetrum tubuh kamu. Kecelakaan semacam itu bisa membuat nyawa melayang.

Terapkan Desinfektan

Sisa banjir tidak bisa dianggap remeh. Membersihkannya tidak cukup dengan air dan sabun biasa. Setelah lumpur basah maupun kering diangkat, terapkan cairan antikuman. Gosokkan pada setiap lantai, dinding, maupun furniture yang terkena banjir.

Buka peralatan elektronik, keringkan. Bagian luarnya bisa dibersihkan dengan alkohol. Untuk bagian dalam, sebaiknya serahkan pada tukang servis agar bagian yang sensitif tidak rusak.

Perlakuan Khusus

Untuk peralatan makan dan dapur, kamu harus memperlakukannya secara khusus. Ini mengingat kontak barang-barang tersebut pada mulut. Belilah cairan klorin dan gunakan sesuai dengan petunjuk pada kemasan. Sebaiknya, pembunuh kuman ini dicampur dengan air hangat. Rendam perangkat dari berbagai bahan (kaca, logam, atau plastik) selama sepuluh menit.

Perlengkapan tidur seperti bantal, guling, selimut, dan kasur juga merupakan barang yang sering berhubungan langsung dengan badan bahkan dalam waktu lama. Jika bantal dan guling terendam penuh, sebaiknya diganti saja dengan yang baru. Ini karena lumpur di bagian dalamnya sulit dibersihkan.

Untuk kasur dan selimut, gunakan deterjen yang mengandung antibakteri. Jangan lupa menyikatnya dengan alat yang lembut. Jemur kedua perangkat tersebut langsung di bawah sinar matahari. Radiasi Ultraviolet darinya dapat membunuh kuman dan jamur di bagian tak terjangkau.

Cara ini juga harus diterapkan pada baju dan celana. Untuk pakaian dalam, sebaiknya dibuang saja ya karena bersentuhan langsung dengan bagian tubuh yang rentan.

Penulis: Ummu Solid

Comment di sini