Cara Agar Tak Terlibat Pertengkaran di Tempat Kerja

by
February 17th, 2015 at 1:55 pm

CiriCara.com – Dunia kerja memang tidak selamanya berjalan dengan mulus. Pasti akan ada saja masalah hingga akhirnya menimbulkan konflik, baik dengan atasan maupun dengan rekan kerja sendiri. Lalu bagaimana cara untuk menghindarinya?

rekan kerja

Rekan kerja – Ist

Konflik atau pertengkaran itu memang sebaiknya dicegah. Jangan sampai Anda mendapat banyak musuh karena tidak bisa menghindari pertengkaran. Memangnya Anda bisa bekerja di tempat yang dipenuhi oleh orang-orang yang membenci Anda, tentu tidak bukan.

Sebelum muncul konflik di tempat kerja, sebaiknya Anda cegah dengan cara-cara berikut ini:

1. Jangan bergosip

Bergosip! Ini yang sering dilakukan para pekerja saat waktu istirahat. Entah itu menggosipi kelakuan karyawan lain atau bahkan menggosipi atasan. Hal ini memang menyenangkan, tapi sebaiknya Anda harus menghindarinya. Bagaimana kalau orang yang Anda gosipi itu dengar? Pasti bakalan terjadi pertengkaran hebat. Untuk itu, jauhilah gosip!

2. Jangan ikut campur

Memisahkan karyawan yang sedang bertengkar itu memang baik. Tapi, jangan sampai Anda malah masuk ke dalam urusan mereka. Bisa-bisa nanti Anda sendiri yang repot. Seberapa besar pun rasa penasaran Anda, sebaiknya jangan ikut campur.

3. Kendalikan emosi

Anda harus bisa mengendalikan emosi di tempat kerja. Seberapa kesal pun Anda, cobalah untuk tetap tenang. Dalam dunia kerja pasti ada saja rekan kerja yang menjengkelkan, tapi Anda tetap harus bisa mengendalikan emosi.

4. Hindari orang bermasalah

Dalam memilih teman, Anda juga harus teliti. Hindari orang-orang yang bermasalah di tempat kerja Anda. Bergaul dengan orang yang bermasalah hanya akan memberikan dampak yang buruk pada kelangsungan karir Anda.

5. Segera selesaikan masalah

Kalau Anda merasa punya masalah dengan rekan kerja, sebaiknya segeralah diselesaikan. Memendam rasa kesal dengan rekan kerja hanya akan membuat Anda tidak tenang. Cobalah untuk mencari solusi yang tepat jika ada masalah dengan rekan kerja.

Bertengkar dengan atasan atau rekan kerja hanya akan membuat Anda jadi tidak betah saat bekerja. Akibatnya performa kerja Anda akan menurun hingga akhirnya muncul masalah baru dan tidak akan ada habisnya.

Untuk itu, jagalah hubungan baik Anda dengan sesama rekan kerja atau dengan atasan. Konflik dalam dunia kerja itu hal yang biasa, yang penting Anda bisa menyelesaikannya secara baik-baik. Semoga bermanfaat!

(YG)

Comment di sini