Cara Mencegah Penyakit Kulit Saat Banjir

by
February 17th, 2015 at 8:41 am

CiriCara.com – Banjir bisa jadi musibah baik bagi yang terkena langsung maupun tidak langsung. Kondisi tertentu kadang menuntut kita untuk berjalan dalam kubangan banjir. Jangan anggap remeh air tersebut. Limbah dan bahan organik yang terendam di dalamnya merupakan sarang berbagai bakteri dan virus.

korban banjir

Banjir – Ist

Kamu bisa terserang infeksi jamur, kurap, kudis, bisul, cacar, hingga kusta. Beberapa penyakit ini tidak hanya menyebabkan gatal hebat tetapi juga demam dan peradangan. Sisanya pun, tak jarang meninggalkan bekas. Agar terhindar, hal-hal berikut harus kamu lakukan.

Mengganti Pakaian

Jangan biarkan celana dan baju yang basah menempel lama di badan kamu. Cepatlah ganti dengan yang bersih dan kering. Cucilah pakaian tersebut dan jemur langsung di bawah sinar matahari.  Sinar ultraviolet mampu membunuh bakteri. Lebih bagus lagi kalau kamu menggunakan deterjen khusus.

Membersihkan Tubuh

Lekas mandi dengan air hangat jika tersedia. Suhu tinggi dapat membasmi beberapa kuman dan jamur. Gosok-gosoklah badan agar sabun dapat membawa bakteri larut bersama. Proses akan maksimal jika kamu menggunakan sabun antibakteri.

Perhatikan Alas Kaki

Jika kamu menggunakan sepatu, lekas lepas sembari menyetir mobil. Sepatu basah membuat bakteri bersarang di kaki dan menimbulkan bau. Cuci alas kaki tersebut dan jemur hingga kering sempurna. Setelah itu, baru bisa dipakai lagi.

Jagalah Kebersihan

Pastikan kamu mencuci kaki sebelum berjalan ke dalam rumah. Sebelum tubuhmu bersih, hindari duduk atau rebahan di atas tempat tidur dan sofa.

Minum Vitamin

Asupan Vitamin C penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Ini bermanfaat untuk mencegah dan melawan penyakit kulit yang disebabkan oleh virus. Pola makan sehat dengan buah dan sayur  bisa mengganti konsumsi suplemen.

Hindari Penyakit Menular

Jauhkan dulu diri kamu dari penderita penyakit kulit karena beberapa di antaranya dapat menular.

Pertolongan Pertama

Siapkan bedak atau salep gatal. Setidaknya untuk mencegah keinginan menggaruk saat kamu mulai terkena penyakit kulit. Menggaruk dapat menyebabkan infeksi dan membuatnya bertambah parah. Salep bisa digunakan untuk penyakit kulit ringan. Jika kondisinya  makin memburuk, segera konsultasi ke dokter.

Penulis: Ummu Solid

Comment di sini