Fakta Unik Buah Jambu

by
February 17th, 2015 at 9:42 am

CiriCara.com – Apakah kamu penyuka buah jambu? Atau kamu biasa minum jus jambu? Selain manis dan menyegarkan, buah bernama latin Psidium guajava ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita, friends! Lalu, apa saja keunikan buah yang kaya vitamin C ini?

jambu biji

Jambu biji – Ist

1. Buah jambu dapat mengobati diare. Tanaman jambu biji memiliki astringen, yakni zat kimia yang akan menyusutkan jaringan tubuh. Setelah kita mengunyah buah ini, gusi akan terasa lebih segar. Selain itu, daun jambu biji juga mengandung zat antibakteri sehingga bisa mencegah pertumbuhan bakteri saat terkena diare. Pembunuh bakteri dalam buah ini adalah karatenoid, potasium, dan tentunya vitamin C.

2. Mencegah kanker. Seperti buah-buahan lain, jambu biji mengandung likopen untuk melawan kanker. Tapi bukan kantong kering, ya! Likopen dalam jambu biji lebih mudah diserap tubuh dibandingkan likopen buah tomat karena perbedaan struktur selnya. Semua jenis jambu biji mengandung antioksidan yang tinggi, terutama pada jambu biji berdaging merah.

3. Merawat kulit. Kandungan astringet dalam jambu biji dapat mengencangkan kulit yang mulai kendur. Buah ini kaya antioksidan. Nutrisi ini akan membantu proses detoksifikasi (pengeluaran racun) dan menjaga kulit tetap sehat serta bebas keriput. Ingin kulitmu cantik?

4. Mengonsumsi buah jambu, berarti kamu telah merawat gigimu. Kandungan vitamin C pada jambu biji berguna untuk merawat gigi, serta mengatasi gusi bengkak dan berdarah. Kamu juga bisa mengatasi sariawan dengan makan jambu, lho!

5. Selain apel, buah ini cocok untuk diet. Buah ini memiliki komponen yang diperlukan untuk menurunkan berat badan, seperti serat, protein dan vitamin. Buah ini membuat perut kamu kenyang lebih lama.

6. Buah ini baik untuk pencernaan karena dapat mencegah sembelit. Kok bisa? Karena kandungan serat yang tinggi dalam jambu biji. Selain itu, biji buah ini juga menjadi laksatif yang berfungsi untuk membantu membersihkan sistem pembuangan usus.

7. Batuk dan flu dapat diatasi dengan jambu biji. Daun jambu biji yang dikunyah mentah atau jus buah jambu yang masih mentah adalah obat alami batuk dan flu. Ramuan ini bekerja dengan cara mengurangi pembentukan lendir serta membuat saluran pernapasan bebas infeksi.

8. Jambu biji dapat menurunkan hipertensi atau serangan jantung. Buah ini kaya serat yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Jambu biji dapat mencukupi kebutuhan potasium tubuh. Penelitian juga menunjukkan bahwa tekanan darah dapat diturunkan dengan konsumsi potasium.

Jadi, mari kita hidup sehat dengan rutin mengonsumsi buah jambu biji!

Penulis: Khaeriya

Comment di sini