Hal-Hal Kecil untuk Mencegah Banjir

by
February 17th, 2015 at 9:14 am

CiriCara.com – Jangan dulu membayangkan bersih-bersih sungai atau tanam sejuta pohon untuk mencegah banjir. Hal yang penting  ialah memulai dari diri sendiri. Upaya mencegah banjir dapat dimulai dari lingkungan sederhana, yaitu rumah kita. Hal-hal kecil berikut mudah dilakukan namun berdampak besar kini dan nanti.

buang sampah

Hal sederhana mencegah banjir – Ist

Mewadahi Sampah

Sampah kerap menjadi biang kerok bencana banjir. Ia menyebabkan saluran got tersumbat sehingga aliran air tidak lancar. Dampak yang besar juga datang dari penumpukan sampah di sungai. Itulah akibat dari membuang sampah sembarangan. Karenanya, sampah perlu diwadahi dengan benar. Begitu juga saat kamu berada di mobil, siapkan tempat khusus kemudian bawa ke rumah atau ke tempat sampah terdekat. Dengan begitu, sisa kegiatan manusia tersebut dapat diambil oleh petugas dan dikelola dengan benar pula.

Mengurangi Sampah

Dengan mengurangi sampah, kamu membantu keterbatasan lahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Kalau proses di tempat tersebut lancar maka sampah-sampah yang menyumbat saluran air juga cepat ditangani.

Gantilah kantong plastik belanjaan kamu dengan tas atau keranjang khusus belanja. Kurangi membeli barang-barang yang menggunakan kemasan. Membawa bekal juga bisa jadi solusi untuk mengurangi sampah dari makanan instan. Selain lebih sehat, secara tidak langsung kamu mencintai lingkungan. Membawa bekal air dalam botol khusus juga salah satu kontribusi.

Manfaatkan kembali berbagai pembungkus. Namun, jangan digunakan untuk menyimpan makanan atau minuman. Ini karena plastik kemasan umumnya hanya berlaku sekali pakai. Jika digunakan berulang, unsur kimianya luntur dan menyebabkan berbagai penyakit.

Berkreasi

Jika kamu suka membuat aksesoris atau berbagai pernak-pernik, coba berinovasi dengan limbah. Bungkus makanan instan yang tidak begitu keras dapat dianyam menjadi tas, tempat pensil, dompet, bahkan tikar. Permainan motif bisa membuat karya kamu lebih menarik.

Kamu juga dapat menerapkannya sebagai pemanis rumah. Dengan dekorasi menarik, botol minuman bisa jadi kebun gantung. Bahkan, Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil membuat dinding rumahnya dari botol beling.

Memilah

Belum punya waktu untuk membuat kerajinan daur ulang? Salurkan saja sampah anorganik seperti plastik, kaca, dan logam kepada pengrajin. Agar bahan tersebut dapat digunakan, kamu perlu menjaga kebersihannya. Karena itu, pisahkan wadah sampah anorganik dengan organik (sampah tumbuhan dan sisa makanan). Pemilahan ini juga membantu pengelolaan di TPA jika sampah kamu diambil oleh petugas kebersihan.

Penulis: Ummu Solid

Comment di sini