Paving yang Ampuh Mencegah Banjir

by
February 17th, 2015 at 3:09 pm

CiriCara.com – Kesibukan kadang membuat kita harus memperkeras halaman. Hal ini menjadi salah satu penyebab banjir karena lahan resapan yang berkurang. Namun, ada jalan tengah untuk kedua masalah ini, yaitu memilih paving khusus pencegah banjir.

paving jalan

Paving jalan – Ist

Inilah grass block, yaitu paving berlubang atau memiliki sela yang dapat ditumbuhi rerumputan. Rumput berfungsi untuk meningkatkan daya serap. Dari celah tersebut, air meresap ke dalam tanah hingga 40%. Jika tertarik, ada beberapa tips menerapkan grass block di rumah kamu.

Jumlah

Jumlah grass block tergantung luas lahan yang ingin kamu jadikan area resapan. Biasanya, satu meter persegi lahan perlu 8 buah. Kalau halaman kamu sudah terlanjur ditutup paving block (paving yang tidak berlubang), bongkar saja beberapa titik. Semakin banyak celah, semakin efektif mencegah banjir.

Bahan

Terdapat dua jenis grass block, yaitu berupa beton atau plastik.  Pemilihan bahan tergantung dari kebutuhan kamu. Apakah area grass block akan dijadikan lahan parkir, jalan setapak, atau aksesori halaman saja. Untuk tekanan tinggi, diperlukan bahan yang kuat.

Paving sarang lebah dari plastik jenis high density polyethylene lebih kuat dari campuran semen dan pasir. Namun, jika ingin menggunakan beton, pilihlah yang diproses dengan mesin press hidrolik.

Kualitas

Jangan terburu-buru dalam memilih grass block karena kamu harus jeli terhadap kualitasnya. Bisa-bisa, paving tersebut mudah rapuh dan hanya bertahan sebentar saja.

Caranya, lihat keseluruhan paving. Jika terdapat retakan, lubang, dan gumpalan, artinya barang tersebut mudah hancur. Rabalah permukaannya. Pasir yang rontok menandakan grass block tidak berkualitas. Terakhir, coba gores dengan kuku. Kalau berhasil, cari paving lainnya saja.

Desain dan Warna

Pilih model dan warna grass block sesuai selera. Bentuknya bisa berupa persegi, sarang lebah, atau gabungan antar-bidang. Beberapa grass block memiliki lubang di tengah. Ada juga yang space rumputnya terdapat di bagian tepi. Kamu juga bisa memainkan susunan blok menjadi bentuk yang menarik. Bahkan, kamu dapat mengganti rumput di beberapa titik dengan tanaman tidak berkayu namun memiliki bunga cantik. Jika warna paving gelap, pilihlah bunga berwarna terang seperti kuning, orange, atau putih.

Penulis: Ummu Solid

Comment di sini