Tips Cegah Banjir dengan Bambu

by
February 17th, 2015 at 10:06 am

CiriCara.com – Sedikit lahan sangat berarti untuk mencegah banjir. Beberapa orang memilih memanfaatkannya dengan tanaman hias atau pepohonan. Tumbuhan memang dapat menyimpan air di dalam tubuhnya sehingga mengurangi lintasan air permukaan. Selain itu, batang dan daun membantu peresapan dengan memperlambat jatuhnya air.

bambu

Bambu – Ist

Namun, tahukah kamu, tidak semua tumbuhan ampuh menyuntikkan air ke dalam tanah? Beberapa vegetasi berfungsi meningkatkan kemampuan tanah dalam menyerap air, salah satunya tanaman bambu. Berikut alasan mengapa pohon yang tersebar di daerah tropis ini patut jadi pilihan.

Menyimpan Air

Pohon Bambu dapat menyerap air hujan hingga 90%. Ini merupakan persentase yang sangat tinggi karena daya serap pohon lainnya hanya 30-40%. Karenanya, tumbuhan yang termasuk dalam suku Bambuseae tersebut cocok untuk mencegah banjir.

Menyuntik Air

Jangan dilihat batangnya yang kurus, akar Bambu dapat melebar hingga 15 meter bahkan lebih. Tumbuhan yang memiliki akar seperti ini sangat sedikit. Semakin panjang akar, semakin banyak tanah yang digemburkannya. Sistem perakaran Bambu dapat memperbaiki struktur tanah. Mikroorganisme yang tumbuh di sekitarnya membentuk pori sehingga menambah daya serap tanah terhadap air.

Hemat Lahan

Lahan kerap menjadi masalah di perkotaan. Tak perlu khawatir, karena budidaya Bambu tidak menuntut banyak luasan. Macam-macam jenisnya menjadi solusi ketersediaan lahan.

Jika pekarangan kamu tidak sampai 10 meter persegi, pilih saja Bambu Kuning. Jenis ini memiliki batang yang kecil dan tidak terlalu tinggi. Alternatifnya ialah Bambu Jepang dengan batang berwarna hijau dan karakter serupa.

Cepat Tumbuh

Bambu termasuk ke dalam tanaman dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Jika tempat hidupnya sesuai, panjang vegetasi ini bisa bertambah hingga 10 cm setiap harinya.

Perawatan Mudah dan Murah

Akar Bambu menjalar untuk mencapai keberadaan air. Karenanya, tanaman ini tidak perlu disiram setiap hari. Daun dan kelopak bukunya yang jatuh akan membusuk dan meningkatkan kesuburan sehingga tumbuhan ini tidak perlu diberi pupuk. Jika ingin maksimal, tumpuk saja luruhan pohon tersebut di pangkal batang. Kalau tunas Bambu tumbuh di tempat yang tidak kamu inginkan, potong saja dan buang.

Penulis: Ummu Solid

Comment di sini