Wah! Batu Akik “Naga” Ini Dibanderol Rp 18 Milyar

by
February 17th, 2015 at 9:02 am

CiriCara.com – Cerita cukup menghebohkan ini datang dari Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara. Seorang kolektor batu akik di kabupaten tersebut, siap melego salah satu batu akik giok koleksinya dengan harga 18 milyar. Bayangkan harga satu batu akik di banderol 18 milyar. Harga yang sangat fantastis, bukan puluhan atau ratusan juta, tapi belasan milyar. Dengan uang belasan milyar, seseorang bisa membangun sebuah hotel. Bahkan bisa beli beberapa unit mobil sport mewah, seperti Ferrari atau Lamborghini.

batu akik

Batu akik Janggus jenis Giok Arab milik Tuwan Imam – Ojie Nasution/Sumut Pos/JPNN.com

Cerita gila harga batu akik belasan milyar itu saya dapatkan setelah membawa sebuah berita di salah satu portal berita milik Grup Jawa Pos yakni Jawa Post News Network (JPNN). Dalam berita yang diposting JPNN.com itu, dituliskan cerita tentang niat seorang kolektor batu akik asal Kabupaten Langkat bernama Tuwan Imam yang akan melego salah satu koleksi batu akik kesayangannya. Namun yang membuat saya tertarik memelototi berita itu dan membacanya sampai tuntas adalah harga yang di tawarkan si kolektor batu akik asal Langkat tersebut. Harga yang ditawarkan si kolektor, 18 milyar. Bukan puluhan juta atau ratusan juta.

Batu akik berharga puluhan juta saya bikin saya geleng kepala, apalagi ini harga yang ditawarkan belasan rupiah. Saya kira ini banderol harga batu akik paling tinggi di Indonesia saat ini. Mungkin juga banderol harga termahal di dunia. Bila laku terjual seharga yang ditawarkan si kolektor asal Langkat, batu tersebut layak masuk Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) atau bahkan masuk daftar he Guinness Book of Records, sebagai batu akik dengan harga termahal di dunia.

Lalu apa keistimewaan dari batu akik tersebut, sampai pemiliknya memasang banderol harga hingga 18 milyar? Menurut pemiliknya, Tuwan Iman seperti yang dikutip JPNN.com, keistimewaan batu akik ’18 milyar’ miliknya, adalah gambar naga yang tercetak di dalam batu. Batu naganya, adalah jenis batu Janggus yang punya corak dasar warna moccha. Namun keistimewaan utamanya adalah gambar naga yang ada di tengah-tengah batu.

Kata dia, gambar naga dalam batu akik miliknya punya nilai seni yang sebenarnya tak bisa dinilai dengan rupiah. Karena itu ia pasang harga selangit bagi yang berminat membelinya. Namun kata dia, harga 18 milyar yang ia tawarkan untuk batu akik naganya, bukan harga mati. Masih bisa di nego, katanya.

Bahkan, Tuwan Iman, mengklaim batu akik miliknya, mungkin hanya satu-satunya di dunia. Ia yakin tak akan ada kembarannya. Karena itu ia jual mahal. Nilai seni gambar naga itulah yang jadi daya tarik utamanya. Sebenarnya, ia tak punya niat untuk melego batu akik naganya. Hanya memang banyak yang tertarik. Ia pun pasang harga selangit. Bahkan kata dia, andaipun batu itu laku seharga yang ia tawarkan, dirinya masih rugi. Nilai seni yang tak ada duanya dari batu itu yang susah dicari lagi.

Penulis: Agus Supriyatna

Comment di sini