Apa itu BETA?

by
February 18th, 2015 at 10:48 am

CiriCara.com – BETA atau Benda Terbang Aneh sama halnya dengan Unidentified Flying Object (UFO) sering disebut dengan istilah piring terbang atau cakram terbang, sebutan BETA ini diperkenalkanoleh Lembaga Penerbangan dan Antaraksa Nasional (LAPAN) di era 1960-an dan istilah ini adalah yang digunakan untuk seluruh fenomena penampakan benda-benda yang terbang dan tidak bisa diindentifikasikan oleh pangamatan dan tetap terindentifikasi walaupun telah diselidiki.

piring terbang

Sesosok BETA tertangkap kamera – Ist

Banyak pendapat yang mengatakan bahwa asal-usul BETA merupakan istilah yang paling populer yang mengatakan bahwa meraka adalah pesawat luar angksa dari planet lain yang mampir ke bumi, akan tetapi teori ini masih diragukan kebenarannya walaupun dibuktikan dan teori yang kuat tapi kedudukanya masih dianggap lemah.

Salah satu penyebabnya adalah ilmu untuk mengidentifikasikan BETA ini, yaitu Ufologi cenderung masih dianggap ilmu palsu atau pseudo science, akibatnya sulit dipastikan untuk mendapatkan bukti-bukti atau data-data yang mendukung secara ilmiah.

Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dan kalangan militer bahwa diketahui sekitar 96% laporan penampakan BETA merupakan kesalahan identifikasi, gejala alam atau hanya tipuan yang disengaja dibuat, sedangkan 4% sisanya tetap menjadi misteri dan yang tidak bisa dijelaskan dengan ilmu pengetahuan modern sekalipun walaupun dengan data-data yang dikumpulkan secara lengkap.

Banyak BETA merupakan penampakan sebuah planet misteri, bintang, atau meteori yang cemerlang, juga menyebutkan dan melaporkan bahwa BETA adalah pesawat terbang misterius, peluru kendali, satelit, burung, atau segerombolan serangga dan balon cuaca sebagai BETA. Dan kondisi cuaca yang ekstrim dan tidak biasa dapat menciptakan ilusi optic dapat diyakinin sebagai BETA.

Meskipun masih misteri peneliti menganggap bahwa fenomena BETA akan memberikan penjelasan yang masuk akal dan seorang ilmuwan Kanada mengidentifikasikan antara fenomena BETA dengan gempa bumi. Teorinya bahwa tekanan pada batuan sebelum gempa bumi dapat menghasilkan medan listrik kuat dan cahaya aneh. Lain halnya dengan penelitian Angkatan Udara AS menjelaskan tentang teori bahwa penampakan BETA merupakan gejala atau fenomena alam, termasuk penampakan meteor, gejala autokinesis, gangguan emosional dan sebagainya.

Meskipun jawaban tersebut dibantahkan dengan adanya penemuan misterius dengan jatuhnya BETA di Roswell yang masih merupakan misteri. Fakta dari kejadian tersebut sengaja ditutup-tutupi oleh pemerintah Amerika Serikat pada waktu itu, sehingga timbulalah Teori Konspirasi dan publik menganggap bahwa pemerintah Amerika Serikat sengaja menyimpan dan mempelajari BETA yang mengalami kecelakaan di Roswell sebuah tempat rahasia di Nevada atau yang disebut dengan Area 51.

Jadi menurut pembaca adanya BETA atau UFO, ada atau tidak yah ? selamat penasaran saja.

Penulis: MasArif

Comment di sini