Cara Tumbuhan Mencegah Banjir

by
February 18th, 2015 at 2:41 pm

CiriCara.com – Banjir disebut-sebut sebagai dampak dari berkurangnya hutan. Ini karena pepohonan di dalamnya berperan untuk menjaga keseimbangan siklus air. Vegetasi, air, dan tanah saling berhubungan sehingga jika di antaranya ada yang hilang maka akan berpengaruh pada yang lain. Menanam tumbuhan merupakan salah satu upaya mencegah banjir. Lalu, bagaimana peran makhluk hidup tersebut?

tumbuhan pencegah banjir

Tumbuhan – Ist

Menyerap dan Menguapkan

Seperti manusia, vegetasi juga memerlukan air untuk kelangsungan hidupnya. Fisik pada beberapa jenis tumbuhan terdiri dari cairan hingga 10%  sedangkan yang lainnya bisa mencapai 90%. Pohon berkayu membutuhkan air lebih banyak.

Akar berfungsi untuk menyerap air dari dalam tanah. Molekul tersebut masuk dari jaringan luar, yaitu epidermis.  Air kemudian diangkut dengan sistem ektravaskuler dan intravaskuler ke batang dan daun.

Unsur ini digunakan dalam proses fotosintesis, sebagai pelarut zat hara, pengatur suhu serta tekanan, penyusun protoplasma, dan lain-lain. Sebagian di antaranya akan menguap sebagai akibat dari proses pernafasan pada tumbuhan.

Meresapkan

Bayangkan ada tumpahan air di depan kamu namun hanya ada kain kasar dan keras untuk mengelapnya. Agar cairan cepat meresap, apa yang kamu lakukan? Tentu kamu akan mengusapnya dengan lambat. Seperti itu juga cara kerja pohon untuk membantu penyerapan air ke dalam tanah.

Agar lebih meresap, diperlukan tumbukan air yang lambat pada permukaan tanah. Jika ada pepohonan, air hujan akan lebih dulu hinggap di bagian tubuhnya. Dengan begitu, elemen tersebut akan menetes dari daun serta mengalir ke dahan ataupun batang sehingga laju tumbukan berkurang.

Mikroorganisme

Sebaiknya, jangan buang dedaunan pohon yang luruh. Ini karena, sampah organik tersebut akan menjadi tempat hidup bakteri dan cacing. Organisme ini berpengaruh baik terhadap tanah dengan membentuk pori-pori kecil di dalamnya. Melalui lubang-lubang tersebutlah air dapat masuk.

Agar tidak mengganggu keindahan, buat pembatas setinggi 10 – 15 cm di sekeliling pohon. Tidak perlu lebar, asal cukup untuk menaruh dedaunannya saja.

Bagian akar yang membusuk juga mengundang mikroorganisme. Proses ini kemudian dapat menggemburkan dan meningkatkan daya serap tanah terhadap air.

Penulis: Ummu Solid

Comment di sini