Hal Penting yang Sering Terlupakan Saat Musim Hujan

by
February 18th, 2015 at 10:30 am

CiriCara.com – Musim hujan memang menuntut banyak persiapan. Jaman sekarang, teknologi sudah menyediakan prediksi cuaca di waktu dan tempat yang kita rencanakan. Soal ini memang bukan masalah tapi dampak lanjutannya yang  bisa menganggu aktivitas.

hujan bikin galau

Hujan – Ist

Apa yang kerap terjadi saat hujan cukup deras? Yup, mati lampu alias pemadaman listrik. Ini kerap membuat pekerjaan terganggu. Tapi sebenarnya, itu bisa kita hindari dengan melakukan hal-hal yang sering terlupakan berikut ini:

Mengisi Baterai

Ramalan cuaca kamu mengatakan akan turun hujan hari ini. Beberapa waktu kemudian, langit terlihat begitu gelap disertai angin kencang. Wah, bisa-bisa listrik padam guna menghindari rusaknya kabel, sambaran petir, atau rubuhnya tiang dan baliho.

Kalau sudah begini, isi baterai gadget atau perangkat kerja kamu hingga penuh. Dengan begitu, tugas tetap bisa selesai meski mati lampu. Hal ini juga penting bagi kamu yang perlu banyak berkoordinasi dengan rekan kerja.

Meski sedang libur, perangkat komunikasi tetap bisa menemani saat ruangan gelap atau tidak bisa melakukan banyak hal.

Siapkan Power Bank

Pada musim hujan, sebaiknya kamu selalu menyediakan daya cadangan. Pastikan energi di dalam power bank tetap  penuh.

Kesibukan bisa membuat kamu kurang memperhatikan baterai gadget. Sebelum pekerjaan menjadi runyam, ada baiknya selalu bawa energi cadangan.

Jika kamu sering menggunakan komputer, pasanglah Uninteruptable Power Suply (UPS). Perangkat ini menyediakan listrik tambahan agar kamu bisa menyimpan data saat pemadaman.

Save Selalu

Bagi kamu yang memasang wifi di rumah dan bekerja online, sering-seringlah menekan tombol ‘simpan’. Pekerjaan pun tidak sia-sia saat jaringan internet putus akibat mati lampu.

Tips ini juga berlaku untuk kamu yang melepas baterai laptop dan mengalirkan listrik langsung dari kabel charger-nya. Begitu juga dengan mereka yang belum memasang UPS pada komputer.

Manajemen Data

Back up pekerjaan dari laptop ke handphone atau gadget. Instal aplikasi yang dibutuhkan agar kamu tetap bisa bekerja saat perangkat utama kehabisan baterai. Alternatif lainnya, simpan data di fasilitas berbasis cloud seperti Google Drive. Dengan begitu, kamu tidak perlu repot mengirim file karena bisa diubah secara online dari berbagai perangkat.

Prioritas

Batas pengiriman mungkin masih beberapa jam lagi. Namun, ada baiknya segera diselesaikan. Jangan tungggu listrik padam sehingga kamu tidak bisa mengirim pekerjaan.

Penulis: Ummu Solid

Comment di sini