Indonesia Punya 394 Stasiun Televisi

by
February 18th, 2015 at 10:56 am

CiriCara.com – Bicara stasiun televisi di Indonesia maka yang akan tercetak di benak selalu stasiun-stasiun televisi besar, seperti TV One, RCTI, SCTV, Indonesiar, Global TV, Metro TV, Trans TV, Trans Tujuh, MNC TV, Net TV, Rajawali TV, O Channel, TVRI, Kompas TV, Sindo TV, Beritasatu TV, Elshinta TV dan Jak TV. Mungkin banyak diantara kita yang mengangap hanya sebanyak itu stasiun televisi yang beroperasi di Indonesia. Padahal Indonesia punya banyak stasiun televisi. Di daerah banyak bermunculan televisi-televisi lokal.

anak nonton tv

Anak menonton televisi – Ist

Tapi karena yang jangkauan siarannya paling luas adalah televisi besar, maka yang diingat adalah itu. Namun, stasiun televisi yang beroperasi di Indonesia tak hanya itu. Bahkan jumlah stasiun televisi di Indonesia ternyata sangat banyak. Bukan berjumlah puluhan stasiun televisi tapi mencapai ratusan stasiun televisi. Banyak bukan?

Berapa totalnya stasiun televisi di Tanah Air? Menurut Dewan Pers yang pernah melakukan pendataan jumlah stasiun televisi di Indonesia, jumlah stasiun televisi yang beroperasi sampai 2014 mencapai 394 stasiun televisi. Jumlah yang cukup banyak memang.

Masih menurut hasil pendataan Dewan Pers, Provinsi Jakarta yang paling banyak punya stasiun televisi. Atau dalam kata lain, di ibukota, stasiun televisi paling banyak beroperasi. Jumlahnya mencapai 40 televisi. Di urutan dua, adalah Jawa Barat dengan 30 televisi. Di susul Kalimantan Selatan dengan 26 televisi. Berikutnya, Kalimantan Timur dengan 22 televisi. Jawa Tengah dan Sumatera Selatan masing-masing dengan 16 televisi.

Sementara Sulawesi Selatan punya 15 televisi. Bali punya 14 televisi. Provinsi Sumatera Utara, Sumateraa Barat, Kepulauan Riau, Jawa Timur dan Sulawesi Utara masing-masing punya 13 televisi. Lampung dan Yogyakarta ada 12 televisi. Di Sulewasi Tengah, Kalimantan Barat dan Riau masing-masing terdapat 11 provinsi.

Lalu, di Nusa Tenggara Barat, tercatat ada 10 televisi. Maluku, Papua dan Jambi, masih-masing ada 9 televisi. Di Nusa Tenggara Timur ada 7 televisi. Di Aceh, terdapat 6 televisi. Banten dan Sulawesi Tenggara, masing-masing ada 5 televisi. Di Bengkulu dan Gorontalo ada 4 televisi. Maluku Utara dan Bangka Belitung masing-masing 3 televisi. Dan Papua Barat hanya ada 2 televisi.

Sedangkan di Sulawesi Barat terdata hanya 1 stasiun televisi yang beroperasi di provinsi tersebut. Dan provinsi yang sama sekali tak punya stasiun televisi yang beroperasi di sana adalah Kalimantan Utara. Tapi memang ini bisa dimaklumi karena Kalimantan Utara adalah provinsi termuda di Indonesia alias provinsi ke 34 di Indonesia. Total seluruh stasiun televisi yang beroperasi di Indonesia menurut hasil Tim Pendataan Pers Nasional bentukan Dewan Pers, hingga 2014 tercatat sebanyak 394 stasiun televisi.

Penulis: Agus Supriyatna

Comment di sini