Tips Memberi Bantuan untuk Korban Banjir

by
February 18th, 2015 at 2:15 pm

CiriCara.com – Banjir tengah melanda kota-kota besar di Indonesia. Bencana ini telah menyebabkan ribuan orang terpaksa mengungsi. Para korban sulit memperoleh makan, minum, pakaian, obat-obatan, dan kebutuhan lainnya. Uluran tangan dari berbagai pihak sangat diperlukan.

banjir

Relawan berikan bantuan ke korban banjir – Ist

Peristiwa semacam ini kerap menjadi lahan bagi mereka yang tidak bertangggung jawab. Jenis dan jumlah bantuan juga kadang tidak sesuai dengan kebutuhan. Karenanya, kalau kamu ingin menyumbang sesuatu, ada baiknya menerapkan tips berikut.

Menghindari Penipuan

Jangan mengirimkan bantuan kepada sembarang lembaga atau orang. Terutama, jika sumbangan kamu berbentuk uang. Carilah informasi lembaga resmi yang menangani para pengungsi. Cara paling aman ialah memilih instansi pemerintah. Jika kamu berada dekat dengan lokasi, tidak ada salahnya menyerahkan bantuan langsung di tempat pengungsi.

Koordinasi

Akses di beberapa titik evakuasi bisa jadi sulit. Kalau sudah begini, sumbangan berbentuk barang lebih memudahkan daripada uang. Sebaiknya, kamu menghubungi lembaga yang berwenang dalam menangani korban. Ini untuk mengetahui barang apa saja yang dibutuhkan namun jumlahnya masih kurang. Sering terjadi, sumbangan pakaian berlebihan namun obat-obatan dan susu bayi justru belum terpenuhi.

Kebutuhan di tiap tempat pengungsian pun berbeda mengingat jumlah korban berdasarkan jenis kelamin, usia, dan kesehatan. Keterangan relawan pada masing-masing titik bermanfaat agar bantuan kamu tepat sasaran.

Kriteria Barang

Jika bantuan kamu berupa makanan, pilihlah yang praktis mengingat terbatasnya fasilitas memasak di pengungsian. Untuk bahan pokok, salurkanlah bahan yang universal seperti beras, minyak goreng, gula, kopi, dan teh.

Kamu juga bisa mengirim camilan seperti biskuit, wafer, dan lainnya. Biasanya, pengungsi akan membagikan makanan pada orang di sekitarnya. Karena itu, sebaiknya pilih makanan ringan dengan isi yang banyak dalam satu kemasan.

Khusus pakaian dalam, berikanlah barang yang baru. Ini penting untuk kesehatan para korban banjir.

Relawan

Sama seperti barang, untuk menyalurkan tenaga, kamu juga perlu berkoordinasi dengan petugas. Ini untuk memastikan pekerjaan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kamu. Taati segala prosedur yang ditetapkan agar proses evakuasi berjalan lancar. Begitu pula dengan jadwal yang sudah diatur. Selain itu, aspek etika juga perlu diperhatikan.

Penulis: Ummu Solid

Comment di sini