Tips Menanam Buah Jenis Pepaya California

by
February 18th, 2015 at 4:05 pm

CiriCara.com – Salah satu varietas unggulan dan sedang dibudidayakan dewasa ini adalah pepaya California, ciri daripada pepaya ini mempunyai hasil buah yang lebat dan berbunga dalam waktu lebih cepat sekitar tiga bulanan sudah muncul pucuk bunga sebagai tanda-tanda mekar, ciri yang lain bahwa pepaya jenis ini memiliki buah dengan bobot yang cukup berat yaitu sekitar dua kilogram lebihHampir setahun yang lalu ketenaran pepaya jenis ini masih hangat dalam perbincangan di kalangan petani di wilayah Lakbok Banjar.

pepaya

Petani Pepaya California – Ist

Perawatan pepaya California ini memang dibilang cukup rumit hanya membutuhkan ketelatenan saja. Ada beberapa tips cara budidaya tanaman buah pepaya jenis California ini, beberapa langkah harus dicermati dengan baik, seperti:

  1. Buatlah lubang tanam berbentuk kubus dengan diameter 40 centimeter
  2. Masukkan pupuk kandang.
  3. Tambahkan rabuk satu sendok sertakan pula pupuk jenis TS (pupuk yang berwarna gelap berunsur Sulfur dan Fosfat)
  4. Kemudian didiamkan selama seminggu pupuk yang sudah tercampur dengan pupuk jenis TS dan rabuk tersebut.

Dan perlu diperhatikan bahwa mendiamkan campuran pupuk tersebut dimaksudkan agar terurai dengan tanah dan dengan cepat menghilangkan uap panas dari pupuk kandangnya tadi, dan mengenai penggunaan rabuk dimaksudkan agar pupuk kandang lebih cepat terurai.

Selanjutnya setelah memasuk tempo satu bulan lamanya dan sejak penanaman bibit pohon buah pepaya jenis California ini, buatlah lingkaran di sekitar tanaman jenis pepaya ini dengan diameter 150 centimeter. Kemudian taburkan puradan untuk menghilangkan hama-hama, baik itu hama yang berupa ulat, jamur dan lain sebagainya.

Dalam masa perawatan sejak dimulainya penanaman bibit hingga mencapai berkembangnya bunga-bunga putik sari tersebut, dan gula didaerah atau disekitar berupa rumput liat atau rumput bergoyang dilarang menempel pada pohon pepaya jenis California tersebut.

Kemudian bersihkanlah area pohon buah jenis pepaya California ini dari gula dengan menggunakan sabit atau dicabuti pakai tangan. Utamakan sterilisasi di aera pohon pepaya dengan radius 1,5 meter agar pohon pepayanya bisa tumbuh dengan leluasa dan baik hingga mencapai masa panen pertama.

Dan setelah tumbuh buah dan menjadi buah pepaya, selanjutnya dilakukan penyemprotan baik semprot orrganik maupun dengan pestisida sesuai aturannya, dan jangan terlalu banyak menggunakan pestisida karena membahayakan bagi manusia. Penyemprotan ini dilakukan agar kondisi buah terbebas dari hama yang dapat merusak kondisi buahnya.

Penulis: MasArif

Comment di sini