Apa itu ISBN?

by
February 20th, 2015 at 9:38 am

CiriCara.com – Apabila kita membeli sebuah buku cerita atau buku paket pelajaran, atau buku mata kuliah tertentu, maka kita akan melihat buku-buku yang biasanya tercantum di sampul belakang, disitu terdapat  tulisan ISBN dengan nomor sebanyak 13-digit dan juga gambar hitam-putih bentuk kotak memanjang dan unik, kadang bersegi panjang atau kotak saja. Dan kalau dicermati ternyata bertulisankan ISBN sekaligus angka yang berderet-deret.

isbn

Contoh ISBN – Ist

Sebenarnya apa sih ISBN tersebut?

ISBN merupakan singkatan dari International Standard Book Number, Atau arti secara harfiah dalam bahasa Indonesia adalah Angka Standar Buku Internesional.  Penggunaan ISBN tersebut diberlakukan tanggal 1 Januari 2007, angka 13 tersebut sangat kompatibel dengan EAN-13s atau European Article Number.

Deretan angka yang berjumlah 13-an itu berfungsi untuk mengidentifikasikan sebuah buku yang berisi kode-produk (prefix identifier), kode-kelompok (group identifier), kode-penerbit (publisher code), kode judul (title) dan angka pemeriksa (check digit). Adapun susunan anatomi dari ISBN mempunyai lima bagian yang dapat dijelaskan sebagai berikut:

  • Prefix identifier
  • Group identifier
  • Publisher
  • Title
  • Check digit

Contohnya : 978-979-209-01-74

  1. 978 adalah prefix identifier
  2. 979 adalah group iden
  3. 209 adalah publisher
  4. 01   adalah title
  5. 41   adalah check digit

Seorang penulis buku memang tidak diwajibkan memiliki ISBN, mengingat tidak adanya undang-undang yang mengatur bila seorang penulis buku harus memiliki ISBN. Jadi sebagai penulis bebas menerbitkan buku tanpa perlu mengurus atau mendapatkan ISBN, akan tetapi fungsi dari ISBN sendiri, adalah sebagai

  • Sebagai identitas terhadap satu judul buku yang diterbitkan oleh penerbit yang dikomersialkan.
  • Sebagai kemudahan dalam memperlancar arus distribusi buku karena dapat mencegah terjadinya kekeliruan dalam pemesanan buku.

Sarana promosi bagi penerbit karena dengan dicantumkannya ISBN sama saja menyebarkan informasi tentang keberadaan Badan Nasional ISBN Indonesia di Jakarta, maupun badan internasional yang berkedudukan di Inggris. Peruntukan ISBN hanya untuk penerbit buku, dan angka ISBN dilarang dipergunakan secara sembarangan.

Sudah jelaskan pengertian tentang ISBN, kalau sudah jelas berarti kalau kita membeli buku dan di sampul belakang buku tersebut ada angka dan logo-logo unik, kita sudah paham. Tetapi banyak juga loh yang belum paham, makna dari logo dan angka berderet 13 digit tersebut.

Demikianlah tentang pengertian ISBN. Semoga bermanfaat bagi penulis pemula.

Penulis: MasArif

Comment di sini