Cara Penanganan Limbah

by
February 20th, 2015 at 1:24 pm

CiriCara.com – Para pembaca mungkin sudah paham apa itu limbah, tetapi kalau belum paham benar apa itu limbah, penulis akan jelaskan, begini bahwa limbah adalah suatu proses produksi yang dihasilkan oleh industri lokal (pengecoran, rumah sakit, produk tahu dan tempe) atau produksi domestik seperti limbah rumah tangga seperti air mandi, air kakus dan buangan lainnya.

limbah

Limbah – Ist

Limbah-limbah tersebut bila ditampung sesuai aturan memang tidak akan ada masalah, baik masalah kesehatan lingkungan atau kesehatan badan. Limbah sendiri ada yang berupa limbah padat yang kehadirannya tidak dikehendaki oleh masyarakat karena limbah tersebut tidak memilik nilai ekonomis. Dan bila dilihat secara kimiawi bahwa limbah ini terdiri dari bahan kimia baik senyawa organik ataupun an-organik. Apabila kehadiran limbah tersebut dicermati secara konsentrasi dan kuantitas tertentu maka kehadiran limbah tersebut akan berdampak negatif terhadap lingkungan terutama terhadap kesehatan masyarakat, sehingga perlu ditangani secara professional.

Agar limbah-limbah tersebut tidak mengganggu kesehatan masyarakat atau lingkungan tentunya dibutuhkan penanganan yang khusus, namun harus diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas limah misalnya: volume limbah, kandungan limbah, bahan pencemar dan frekuensi pembuangan limbah.

Untuk mengatasi berbagai macam limbah dan air hujan, maka suatu kawasan permukiman harus membutuhkan berbagai jenis layanan sanitasi. Layanan sanitasi tersebut tidak sama dengan bentuk jasa layanan, karena layanan sanitasi harus disediakan 24 jam oleh masyarakat umum, seperti misalnya:

  1. Layanan air limbah rumah tangga harus menangani limbah air kakus.
  2. Layanan limbah jamban diharuskan memiliki akses bersih yang cukup dan terhubungan ke unit penanganan air jamban yang benar, dengan catatan apabila masyarakat tidak memilik jamban pribadi maka bisa menggunakan akses ke jamban bersama atau MCK
  3. Layanan limbah sampah, layanan ini harus dengan pewadah sampah dari pengumpulan sampah masyarakat. Pengumpulannya menggunakan gerobak umum atau truk sampah. Layanan sampah tersebut harus dilengkapi  dengan tempat pembuangan sampah sementara dan kemudian diteruskan ke tempat pembuangan akhir (TPA)
  4. Layanan drainase lingkungan yaitu yang menangani limpasan air hujan dengan menggunakan saluran selokan yang akan menampung air tersebut dan mengalirkannya ke penampungan terakhir seperti laut, sungai dan sebagainya. Dimensi saluran drainase ini harus cukup besar dengan kemiringan yang sudah ditentukan dan terbebas dari sampah-sampah.

Dengan adanya kesadaran masyarakat tentang limbah-limbah tersebut, maka diharapkan masyarakat menjadi lebih memahami. Demikian secuil tentang limbah dan cara penangananya, semoga bermanfaat.

Penulis: MasArif

Comment di sini