Etika Mengunjungi Korban Banjir

by
February 20th, 2015 at 9:27 am

CiriCara.com – Mengunjungi tempat mengungsi atau menjadi relawan bisa menjadi hal baru buat kamu. Semua itu memberi pengalaman yang berarti dan menarik untuk disebarkan. Kamera atau gadget pasti sudah di tangan untuk mengabadikan momen. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar niat baik tidak menjadi buruk.

korban banjir

Evakuasi korban banjir – Ist

Tidak Melanggar Prosedur

Pastikan kamu memasuki area sesuai ijin petugas. Kegiatan di dalamnya bisa saja terganggu jika kamu tiba-tiba masuk. Jangan sekali-kali melanggar wilayah terlarang. Ini untuk kepentingan diri kamu dan kelancaran proses evakuasi.

Tidak Tertawa Berlebihan

Ada baiknya untuk memahami perasaan korban. Mereka sedang berduka karena harta benda yang mungkin saja tak selamat dari banjir. Belum lagi para pengungsi harus tidur berdesakan, tanpa selimut, makan terbatas, atau sulit minum. Beberapa korban bahkan tewas terseret arus yang meninggalkan luka dalam bagi keluarganya.

Tidak patut rasanya kamu tertawa berlebihan di tempat yang mengharapkan simpati. Alih-alih asik bercanda, kamu bisa berinteraksi dengan korban untuk memberi kekuatan.

Tidak Sibuk Selfie

Sikap tersebut akan menimbulkan tanya apa niat kamu sebenarnya, membantu atau hanya pamer saja? Mengambil foto diri memang boleh karena berkaitan dengan laporan, inspirasi, atau pengalaman. Namun, pastikan pose dan intensitasnya tidak berlebihan.

Tidak Berlebihan dalam Penampilan

Sesuaikan baju, celana, dan aksesoris dengan suasana pengungsian yang ingin kamu tuju. Tidak perlu terlalu formal, cukup kenakan pakaian yang sederhana dan sopan.

Tidak Melanggar Privasi

Sebagian orang mungkin tidak ingin dipotret. Kamu bisa saja hendak mengambil kondisi natural. Namun, turunkan kamera jika ada permintaan.

Ketahui juga tujuan kamu terkait foto, apakah untuk konsumsi pribadi atau publik. Sebaiknya, gambar korban tewas atau terluka parah tidak dipublikasikan. Ini karena ada etika khusus seperti sensor, mengingat psikis keluarga korban dan perlindungan anak.

Tidak Cuek

Responlah suasana di sekitar kamu. Kalau sedang sibuk, cobalah mengulurkan tangan. Hal kecil seperti ikut mengangkat barang atau membagikan makanan akan sangat berarti. Lakukan hal yang umum saja karena beberapa kegiatan perlu ditangani oleh ahli dan koordinasi dengan petugas, kecuali diminta.

Penulis: Ummu Solid

Comment di sini