Perlengkapan Siaga Banjir yang Harus Disiapkan

by
February 20th, 2015 at 9:14 am

CiriCara.com – Terjadinya banjir membuat orang-orang panik. Seberapa sering kamu panik saat terjadi banjir? Apakah kamu merasa kebingungan ketika terjadi banjir?

korban banjir

Banjir – Ist

Kita yang mungkin sibuk dengan pekerjaan, biasanya lupa mempersiapkan peralatan standar yang seharusnya disiapkan sebelum banjir datang. Apa saja itu? Ini dia peralatan yang wajib kamu siapkan di musim penghujan ini!

1. Telepon selular atau HP. Tentunya kamu sudah tahu bahwa hp berfungsi sebagai komunikasi dengan pihak luar, baik ketika akan terjadi, ketika terjadi, dan setelah banjir. Dengan hp, kamu bisa mencari tahu ke teman atau kerabat tentang daerah-daerah mana saja yang kebanjiran, sehingga kamu tidak kesulitan di tengah perjalanan.

3. Alat pelampung renang, baik untuk anak-anak maupun untuk orang dewasa. Kita tak tahu derasnya arus banjir. Bisa jadi, kamu terbawa arus air yang terlalu deras. Jadi, persiapkan alat ini ya!

4. Lampu senter dengan baterai yang masih baru atau alat penerang lainnya yang bisa digunakan untuk keselamatan. Karena kita tak tahu kapan terjadi banjir yang mungkin mengakibatkan listrik padam, maka alat ini sangat penting!

5. Obat-obatan. Yang umum digunakan ketika musim hujan, ialah obat diare, pencegah masuk angin, minyak angin, juga penurun panas/demam. Di cuaca tak menentu penyakit mudah datang, jadi kamu tetap harus menjaga kesehatan ya, friends!

6. Air bersih. Biasanya, ketika banjir, air sekitar menjadi tercemar. Jadi, perlu disiapkan wadah atau tandon air sebagai persediaan air bersih di rumah kamu.

7. Makanan instan seperti bubur dan mie, serta makanan kering seperti roti, asinan, dan abon. Mengapa kamu butuh? Karena ketika kebanjiran, daerah tempat tinggalmu mungkin terisolir sehingga kamu sulit pergi kemana-mana.

8. Sepatu boots antiair. Ketika kamu terpaksa berjalan di wilayah yang kebanjiran, ada baiknya kamu mengenakan sepatu boots berbahan karet. Air kotor akan membuat kakimu gatal-gatal, bahkan bisa menimbulkan kutu air. Dengan sepatu ini, kamu bisa menghindarinya!

Di ujung musim penghujan, ada kalanya bekas kebanjiran atau sampah akan membekas di lantai atau lingkungan rumah kita. Jadi, siapkan pula peralatan kebersihan agar kamu bisa membersihkan rumahmu secepatnya.

Penulis: Khaeriya

Comment di sini