4 Hal Kecil yang Termasuk Korupsi

by
February 23rd, 2015 at 9:29 am

CiriCara.com – Tahukah kamu? Indonesia termasuk ke dalam lima negara paling korup di dunia bersama Somalia, Korea Utara, Sudan, dan Afganistan. Kasus ini jadi yang paling sering muncul di televisi. Pelakunya kebanyakan para pejabat yang mendapat hukuman bertahun-tahun bahkan seumur hidup.

contoh korupsi

Korupsi – Ist

Mungkin kamu bercita-cita untuk memberantas korupsi. Tapi, itu saja belum cukup karena kita harus memulainya dari diri sendiri. Perbuatan koruptor yang biasa kita dengar adalah suap-menyuap, menyelewengkan uang, dan menyalahgunakan wewenang.

Intinya, korupsi adalah segala tindakan yang menyalahgunakan tugas atau amanat untuk kepentingan pribadi maupun kelompok. Ini tidak hanya soal wewenang kamu tetapi juga orang lain yang ingin kamu manfaatkan. Semua itu dilakukan untuk memperkaya diri sendiri dan menghindari hukuman.

Kita sering tidak sadar melakukan hal-hal kecil yang termasuk korupsi. Nah, agar bisa mencegahnya dalam kehidupan sehari-hari, berikut beberapa contohnya.

Menyimpan Kembalian

Bagi kamu yang masih ABG, pasti sering diminta orang tua untuk membelikan sesuatu. Apakah kamu adalah salah satu orang yang akan menyimpan uang kembalian tanpa memberitahu? Hal sepele ini bisa jadi kebiasaan yang membentuk pola pikir koruptor.

Memanfaatkan Hubungan

Rini ingin sekali lolos seleksi pemain drama sekolah. Karena itu, dia mendekati Andi, senior yang menjadi juri.

Lain lagi dengan Kevin. Agar mendapat nilai baik, ia mengancam guru dengan statusnya sebagai anak pemilik yayasan.

Dua kasus tersebut merupakan cerminan dari perilaku korupsi. Mereka menggunakan jaringannya untuk meraih sesuatu. Alih-alih pedekate ataupun mengancam, percaya diri dan mengasah kemampuan yang baik akan menjadikan kamu juara sejati.

Menggunakan Barang Milik Bersama

Novi adalah sekretaris kelas yang bertugas memegang spidol kelas. Setiap pulang sekolah ia akan membawanya ke rumah. Namun, alat tulis bersama tersebut digunakannya untuk bermain. Novi juga tidak sadar bahwa ia harus mengganti tintanya.

Hal kecil tersebut kadang dianggap remeh. Padahal, itu sama saja dengan menggunakan fasilitas milik bersama untuk kepentingan pribadi.

Menyogok

Nama kerennya ialah gratifikasi. Jalan ini kadang menjadi pilihan seseorang jika sedang kepepet. Misalnya, kena tilang. ‘Jalan damai’ sudah jadi rahasia umum. Ikutilah prosedur hukum yang berlaku. Dengan begitu, kamu turut mencegah korupsi.

Mengurus surat-surat memang merepotkan karena harus melewati tes, syarat administrasi, dan antri. Agar tidak ruwet, banyak orang memilih ‘pelicin’. Hadiah kecil akan membuat proses cepat dan praktis, namun ini merupakan salah satu tindak korupsi.

Penulis: Ummu Solid

Comment di sini