6 Kebiasaan yang Bikin Kamu Cepat Mati

by
February 23rd, 2015 at 2:59 pm

CiriCara.com – Setiap kali merayakan hari ulang tahun pasti kebanyakan orang akan berdoa agar bisa panjang umur, sehat selalu, dan mendapatkan kesuksesan. Ngomong-ngomong soal umur, siapa di sini yang pengen umurnya bisa panjang hingga tua?

depresi

Kebiasaan cepat mati – Ist

Di dunia ini memang tidak ada yang tahu batas umur seseorang. Hanya Sang Pencipta saja yang tahu apakah seseorang itu akan berumur panjang atau pendek. Manusia hanya bisa memprediksikan, itu pun terkadang masih belum tepat 100 persen.

Meskipun demikian, umur seseorang itu juga bisa diprediksi dari kebiasaan-kebiasaan yang sering dilakukannya lho. Karena ternyata ada beberapa kebiasaan yang justru akan membuat kita cepat mati atau meninggal. Mau tahu apa aja?

Berikut penjelasannya seperti yang dikutip dari Live Strong:

1. Malas bersosialisasi

Apakah kamu termasuk orang pemalu (introvert) dan suka mengasingkan diri? Sebaiknya rubah kebiasaan ini. Malas bersosialiasi hanya akan meningkatkan 50 persen kemungkinan kamu berumur pendek dibanding mereka yang aktif bersosialisasi.

Bersosialisasi dengan orang di sekitar itu tidak hanya baik untuk hubungan sosial, tapi juga kesehatan fisik kita. Cobalah untuk bersosialisasi atau paling tidak kamu punya satu atau dua teman yang dekat dan bisa diajak berbagi pikiran ataupun bercanda.

2. Suka cemberut

Orang yang suka cemberut kemungkinan akan berumur pendek dibanding mereka yang suka tertawa. Menurut para peneliti, selain bisa membuat bahagia, ternyata tertawa juga bisa jadi obat yang ampuh untuk tubuh. Jadi, daripada kamu cemberut terus sakit, mending tertawa saja!

3. Suka begadang

Kebiasaan begadang atau kurang tidur ternyata bisa memicu kematian dini. Hal ini karena tubuh orang yang kurang tidur itu akan mudah mengalami gangguan kesehatan seperti, kekebalan tubuh lemah, diabetes, hingga penyakit jantung. Karenanya kamu harus tidur yang cukup, paling tidak 7-8 jam samalam.

4. Terlalu banyak duduk

Sering malas-malasan atau bekerja di tempat yang menuntut kamu untuk duduk lebih dari 3 jam sehari? Coba deh untuk menyiasatinya dengan cara lain. Hal ini karena terlalu lama duduk itu bisa membuat kamu terkena sejumlah penyakit berbahaya (Penyakit jantung, kanker, tekanan darah tinggi, dll) dan bisa bikin kamu cepati mati.

5. Tidak sarapan

Kamu malas sarapan di pagi hari? Coba deh rubah kebiasaan ini. Melewatkan sarapan hanya akan membuat proses metabolisme tubuh terganggu. Akibatnya akan muncul berbagai macam penyakit ditubuh dan tentunya akan membuat kamu cepat mati.

6. Takut mati

Merasa takut dengan kematian ternyata justru akan mendekatkan kita pada kematian itu sendiri. Takut mati itu memang wajar, tapi jika terlalu mencemaskan masalah kematian, hal ini justru salah. Rasa cemas itu bisa membuat kita depresi dan pada akhirnya muncul penyakit atau bahkan dorongan untuk bunuh diri.

Bagaimana? Apakah kamu masih sering melakukan kebiasaan-kebiasaan seperti di atas?

(YG)

Comment di sini