Apa itu Batu Sisik Naga?

by
February 23rd, 2015 at 9:49 am

CiriCara.com – Tahun 2015 sepertinya merupakan ladang emas bagi pengerajin batu mulia terutama batu jenis akik, karena hampir seantero nusantara bahwa penjualan batu-batu mulia serta pembelian batu mulia seperti kecubung, pirus, batu cincau hitam, batu mata kucing, batu pasir mas, hingga nama nama-nama lain yang penulis sendiri tidak hafal. Adanya perburuan batu-batu mulia tersebut, membuat para pengrajin batu-batu mulia, mulai bergairah untuk semangat lagi menjalani profesinya sebagai pengrajin sekaligus penjual batu, baik enceran atau kodian. Tetapi pada umumnya para pengrajin batu, menyetorkan kepada pengepul yang seterusnya dijual secara eceran.

sisik naga

Batu Sisik Naga Hitam – Ist

Salah satu batu mulia yang saat ini sedang gempar-gemparnya adalah batu mulia Sisik Naga, batu mulia jenis ini merupakan batu mulia terbaik di dunia, diketemukan di Kabupaten Enrekang Sulawesi Selatan. Alasanya adalah bahwa batu mulia dengan nama Latin Septarian Nodule mempunyai sifat kekerasan yang bagus serta corak yang beragam. Ungkapan tersebut menurut seorang pakar Geologi, seperti yang diceritakan sebelumnya bahwa batu Sisik Naga pernah diketemukan Rusia, Selandia Baru dan Kansastan, tetapi batu mulia yang ditemukan di Provinsi Sulawesi Selatan merupakan batu mulia yang terbaik, sebab kekerasan dan kepadatan batu tersebut jauh lebih baik dan sempurna dibanding yang ditemukan di negara lain.

Disamping itu Sisik Naga batu ini mempunyai berbagai aneka corak. Boleh dibilang bahwa Sisik Naga yang ditemukan di Enrekang merupakan batu mulia yang langka, dengan bentuk seratnya yang menyerupai sisik naga berwarna hitam.

Menurut legenda bahwa Sisik Naga ini perwujudan dari khodam (sejenis jin penunggu batu tersebut), dimana sang naga adalah perlambang dengan ilmu yang tinggi (sakti), dengan pertapaan yang lama sehingga berubah menjadi batu. Bagi orang yang menyukai klenik, batu Sisik Naga ini mempunyai khasiat yang tinggi, seperti mempertajam bathin spiritual, memudahkan orang untuk belajar spiritual, kewibawaan yang tinggi, disegani oleh banyak lawan atau kawan, tetapi menurut kepercayaan masing-masing saja.

Menurut penulis Sisik Naga diburu oleh para kolektor, karena mempunyai beberapa keunikan semata bukan karena hal-hal ghaib lainnya.

Penulis: MasArif

Comment di sini