Apa itu Suku Aborigin?

by
February 23rd, 2015 at 3:33 pm

CiriCara.comSuku Aborigin merupakan penduduk asli benua Australia hingga kepulauan sekitarnya termasuk juga mencakup Tasmania juga Setal Toress. Adapun ciri-ciri penduduk Aborigin adalah mirip dengan penduduk asli Papua, memang sejarahnya bahwa sebagian penduduk Papua juga menjelajah ke benua Australia. Sekitar empat puluh ribu tahun yang lalu dalam perkembanganya, bentuk dari fisik mereka rata-rata lebih kecil dan pendek dari orang Papua, dari rambut saja bentuknya keriting, akan tetapi sebagian warnanya sudah agak kemerah-merahan atau coklat pucat, sedangkan warna kulitnya gelap.

suku aborgin

Suku Aborigin – Ist

Kata Aborigin berasal dari serapan bahasa Inggris yang berarti penduduk asli/penduduk pribumi dan mulai diperkenalkan sekitar abad 17, sebutan itu diambil dari bahasa Latin atau Ab Origine yang berarti ‘dari awal’ dan diperuntukan bagi penduduk yang sejak semula tinggal di suatu daerah tertentu atau pulau.

Pada awalnya kehidupan mereka hanya berburu dan mencari ikan di sungai, mereka terbiasa berburu binatang liar, seperti kanguru, dengan alat sederhana seperti tombak dan bumerang (senjata andalan suku Aborigin). Dengan iklimnya yang dingin, hasil berburu seperti kulit kangguru dijadikan bahan pakaian.  Suku Aborigin bersifat nomaden suka berpindah-pindah rumah. Dengan rumah yang sederhana sebagai tempat tinggal, yang terbuat dari susunan ranting pohon dan dedaunan.

Pada sosial masyarakatnya masih bersifat kesukuan, sehingga pimpinan mereka dikepalai orang kepala suku yang sekaligus menjabat sebagai dukun. Kepala suku mempunyai pekerjaan ganda yaitu sebagai pimpinan upacara adat dan upacara perkawinan. Agama yang dianut oleh suku tersebut masih bersifat tradisional, mereka percaya terhadap Roh Agung yang menciptakan alam semesta raya ini. Mereka sangat mempercayainya bahwa Roh Agung juga memberikan petunjuk-petunjuk kepada masyarakatnya melalui mimpi-mimpi.

Adapun suku Aborigin dibagi atas beberapa kelompok,

  • Aborigin Bama di wilayah Queensland,
  • Aborigin Koori di wilayah New south Wales dan Victoria,
  • Aborigin Murri di wilayah Queensland selatan,
  • Aborigin Noongar di wilayah selatan bagian Australia barat,
  • Aborigin Nunga di wilayah Australia selatan,
  • Aborigin Anangu di wilayah dekat perbatasan Australia selatan dan barat,
  • Aborigin Palawah yang tinggal di pulau Tasmania.

Pernah suatu saat terjadi diskriminasi dari orang Eropa terhadap suku Aborigin, kerap suku tersebut dianggap sebagai manusia liar, akan tetapi diskriminasi tersebut kembali surut, dan salah satu strategi politik yang berkembang adalah perkawinan antara kulit hitam dan kulit putih (asimilasi) sehingga terjadilah perkembanganbiakan antar ras tersebut hingga sekarang, sehingga sampai sekarang tidak ada lagi ras yang berkulit hitam tetapi muncullah generasi berikutnya yang berkulit putih sama seperti orang Eropa.

Penulis: MasArif

Comment di sini