Apa itu Visa?

by
February 23rd, 2015 at 11:54 am

CiriCara.com – Bagi kamu yang pernah bepergian ke luar negeri mungkin sudah tak asing lagi ketika mendengar kata ‘visa’. Lalu, apa itu visa? Apa hubungannya visa dengan paspor?

visa passport

Visa – Ist

Menurut Wikipedia, visa adalah sebuah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh sebuah negara kepada seseorang sebagai surat izin untuk masuk ke negara tersebut dalam suatu periode waktu dan tujuan tertentu. Visa biasanya distempel atau ditempel di paspor si penerima. Sedangkan paspor adalah dokumen resmi berupa buku kecil yang dikeluarkan oleh suatu negara yang memuat identitas pemiliknya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antarnegara. Anggap saja paspor adalah KTP jika kita berada di luar negeri.

Lalu, bagaimana seseorang memperoleh visa?

Visa dapat diperoleh di kedutaan dimana negara tersebut mempunyai Konsulat Jenderal atau kedutaan asing. Misalnya, jika kita berencana pergi ke Prancis, maka kita dapat memperoleh visa di Kedutaan Besar Prancis yang ada di Indonesia. Visa dapat berbentuk stiker yang dapat di-apply di kedutaan negara yang akan dikunjungi. Namun, bisa juga visa berbentuk stempel pada paspor.

Sederhananya, visa ialah sebuah dokumen yang dimiliki oleh seorang warga negara sebagai bukti bahwa ia boleh berkunjung ke negara lain sesuai visa yang ia punya.

Tahukah kamu, ada dua jenis visa. Visa pre-arrival, yaitu visa yang dapat kita peroleh di perwakilan kedutaan suatu negara yang berada di negara kita. Ada juga visa on arrival, yaitu visa yang dapat kita peroleh langsung di perbatasan atau bandara negara yang dituju.

Tetapi, ada pula negara yang memberikan ‘bebas visa’ lho! Bebas visa adalah istilah dimana pemerintah telah mengadakan perjanjian dengan suatu negara agar penduduk negaranya bebas berkunjung ke negara lain. Jadi, kita tidak memerlukan visa untuk masuk ke negara itu. Paspor akan diberi stempel di kantor imigrasi saat kita telah tiba di negara tujuan.

Karena Indonesia memiliki hubungan diplomatik dengan banyak negara, jadi kita yang WNI mendapat kesempatan bebas visa. Negara kawasan Asia Tenggara yang membebaskan visa untuk Warga Negara Indonesia diantaranya Singapura, Malaysia, Brunei, Thailand, Laos, Vietnam, Kamboja, Myanmar, dan Filipina. Wow, hampir semua negara, ya?

Namun, meski bebas visa, ada kalanya kita harus mencari informasi lebih lanjut. Beberapa negara memiliki persyaratan tertentu sebelum kita bisa masuk. Contohnya, Filipina mempersyaratkan tiket return untuk dapat menaiki pesawat tujuan Filipina. Tanpa memiliki tiket pulang, maka kita tidak dapat masuk ke pesawat dengan tujuan Filipina.

Tahukah kamu, mulai Desember 2014 pemerintah Jepang memberikan bebas visa untuk seluruh Warga Negara Indonesia dengan syarat memiliki paspor elektronik atau e-Passport. Jika sudah memiliki e-Passport, kamu bisa mendaftar di Kedutaan Jepang di Indonesia.

Penulis: Khaeriya

Comment di sini