Apa itu Paspor?

by
February 24th, 2015 at 2:14 pm

CiriCara.comPaspor merupakan dokumen yang resmi yang dibuat dan dikeluarkan oleh pejabat setempat dan mempunyai wewenang penuh dalam hal memuat identitas pemiliknyanya dan berlaku untuk melakukan perjalanan biasanya ke luar negeri. Isi daripada paspor terdiri data-data berupa: foto asli pemegang paspor, tanda tangan asli, tempat dan tanggal lahir, kebangsaan dan kadang juga informasi lain yang menyangkut individual. Dan adakalanya paspor yang mencantumkan daftar negara yang tidak boleh dikunjungi oleh si pemilik paspor, misalnya dahulu di Indonesia, si pemilik paspor tidak boleh mengunjungi negara tertentu seperti Israel dan Taiwan.

paspor

Paspor – ist

Zaman sudah berubah dan perkembangan teknologi semakin moncer, begitu juga dengan paspor, kini telah diberlakukan pasor e-paspor atau elektronik paspor. e-paspor ini merupakan pengembangan paspor yang konvensional dan pada e-paspor tersebut disisipkan sebuah chip yang berisikan data-data rahasia si pemilik paspor serta data biometric-nya, data-data biometric disimpan pada pasprot dengan tujuan lebih meyakinkan bahwa pemilik paspor tersebut, adalah berhak atas paspor tersebut.

Keperluan penggunaan paspor hanya untuk perjalanan internasional, dengan demikian bila kita memasuki suatu negara atau perbatasan negara, maka kita wajib memperlihatkan pasportnya (walaupun di negara tertentu telah terjadi perjanjian dimana bila ada warga yang memasuki suatu wilayah negara lain dapat memasukinya dengan dokumen selain paspor). Pengecapan dan pensegelan paspor tersebut dilakukan oleh petugas yang bersangkutan saat pemilik/pemegang paspor tiba ditujuannya.

Sebenarnya seberapa pentingkah orang memilik paspor ?. Banyak orang yang memiliki paspor, ngertinya, buat pergi ke luar negeri saja. Padahal paspor sendiri mempunyai beberapa kategori, diantaranya, adalah:

  • Paspor biasa. Adalah paspor yang diterbitkan oleh negara untuk warga negaranya guna perjalanan ke luar negeri.
  • Paspor diplomatik, fungsinya adalah sebagai perwakilan diplomatik dari negara asalnya.
  • Paspor dinas, paspor ini dikhususkan bagi orang yang sedang melakukan tugas ke luar negeri.
  • Paspor orang asing, paspor dibuat untuk seseorang yang bukan warganegaranya.
  • Paspor kelompok, paspor yang dibuat dan diberikan kepada kelompok tertentu, seperti kelompok perjalanan anak liburan sekolah.
  • Paspor umrah dan haji, paspor yang khusus dibuat bagi orang pergi haji, dan nama yang tertera dalam paspor harus menggunakan 3 kata, misalnya : Mas Boy Yulianto.

Demikian tentang apa itu paspor dan kategorinya, semoga bermanfaat.

Penulis: MasArif

Comment di sini