Apa itu Suku Mentawai?

by
February 24th, 2015 at 8:53 am

CiriCara.com – Suku mentawai merupakan penduduk asli Kepulauan Mentawai, seperti halnya suku Nias dan suku Enggano mereka adalah pendukung budaya Proto-Melayu yang berdiam di Kepulauan Nusantara sebelah barat. Para penghuni Mentawai, selain di Mentawai sendiri, mereka juga mendiami di Pulau Pagai Utara dan Pagai Selatan. Suku Mentawai dikenal sebagai peramu dan pertama kali ditemukan,

suku mentawai

Suku Mentawai – Ist

Keturunan orang Mentawai adalah mereka yang datang dari Pulau Siberut sekitar 300 tahun yang lalu, asal-usul Mentawai belum diketahui secara pasti, namun ada yang mengatakan bahwa nenek moyang Mentawai berasal dari Batak Kuno Sumatera Utara, tipe kebudayaannya sudah menyebar ke seantero tanah air pada masa lampau, dan kebudayaan itu sudah terasimilasi oleh kebudayaan lain seperti Islam, Hindu Budha yang datang dari daerah luar.  Kepercayaan suku Mentawai menganut Animisme, kepercayaan terhadap benda-benda tertentu, mereka menganggap bahwa batu, binatang, pohon mempunyai roh. Hingga 50 tahun silam masyarakat Mentawai masih mempertahankan kebudayaannya yang Neolitik.

Masyarakat Mentawai memiliki mata pencaharian tetap seperti berburu dan berladang, dalam perburuan mereka menggunakan peralatan seperti busur dan panah, alat tersebut terbuat dari kayu-kayu yang dihasilkan dari hutan belantara dengan cara tradisional yang dilumuri dengan racun buatan mereka sendiri.

Dan dalam berladang mereka biasa membudiyakan sagu, suku Mentawai dalam berladang menggunakan alat-alat tertentu. Dalam menanam sagu dengan tahapan tertentu. Alat berladangpun masih sangat tradisional seperti tegle, suki, kampak dan lading.  Dalam kehidupan tradisionalnya masih sederhana dan itu merupakan keunikan sendiri, ditambah dengan kepercayaan dengan alam yang mereka huni, seperti terjadi interaksi dirinya dengan alam sekitar. Mereka merupakan salah satu contoh suku terbaik yang memberlakukan alam dengan baik, tidak pernah merusak bahkan mereka senantiasa memeliharanya.

Keunikan dari masyarakat Mentawai adalah Mentatto seluruh tubuhnya. Tatto bagi masyarakat Mentawai merupakan bentuk ekspresi seni dan perlambang status sosialnya, selain itu fungsi tatto adalah pakaian abadi yang mereka anggap sebagai pakaian yang dibawa sampai mati.  Konon, orang Mentawai mentatto sekujur tubuhnya dari ujung kepala sampai ujung kaki, agar kelak setelah meninggal akan saling mengenali leluhur mereka.

Proses pembuatan tattoo sendiri dilakukan dengan alat tradisional, motif tertentu yang tidak mengalami banyak perkembangan merupakan sebagai symbol khusus atau identitas budaya mereka. Tubuh yang akan ditato terlebih dahulu harus digambari motif dengan lidi, motif garis-garis merupakan motif khas tato Mentawai tidak sembarangan mentato, karena harus mengikuti rumusan tertentu.

Demikianlah tentang suku Mentawai dan khasnya tentang Tatto. Selamat membaca.

Penulis: MasArif

Comment di sini