Bandros, Bus Unik dari Paris Van Java

by
February 24th, 2015 at 9:24 am

CiriCara.com – Kota Bandung, atau yang dikenal dengan julukan Paris Van Java, setiap akhir pekan, apalagi pada musim libur panjang, jadi tujuan warga Ibukota untuk leleson atau berwisata ria. Ya, Bandung adalah salah satu tujuan favorit para pelancong dari ibukota. Apalagi jarak Jakarta dengan Bandung tak terlalu jauh. Bandung makin dituju, setelah dibukanya jalan Tol Cipularang yang menyingkat waktu menuju Kota Kembang, julukan lain Kota Bandung.

bandros

Bandung Tour On Bus (Bandros) – Ist

Dulu, sebelum ada tol Cipularang, pergi ke Bandung bisa menggunakan jasa kereta api. Atau menggunakan kendaraan roda empat via Purwakarta atau PuncakBogor. Tapi setelah adanya tol cipularang, maka jalan bebas hambtan itulah yang jadi jalur favorit menuju Kota Bandung. Hanya beberapa jam sudah sampai Bandung.

Kota Kembang, Kota Bandung memang punya daya tarik, menjadi tempat untuk pelesir di akhir pekan atau kala libur panjang. Selain udaranya yang masih sejuk, Bandung juga adalah surga belanja, terutama karena keberadaan sejumlah factory outletnya. Bandung juga kota yang bisa memanjakan lidah, dengan seabrek menu kuliner nikmatnya.

Sekarang di era Ridwan Kamil jadi Wali Kota, Bandung kian bersolek. Sejumlah taman dibangun. Fasilitas publik ditambah. Namun yang menarik adalah hadirnya Bandros di Kota Bandung. Tapi jangan salah duga, Bandros bukan sejenis kuliner khas Bandung, seperti bandrek. Tapi Bandros adalah alat transportasi khas Kota Bandung. Bandros sendiri adalah sebuah singkatan dari Bandung Tour On Bus. Ini bus pariwisata milik Pemerintah Kota Bandung, yang diadakan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Bus Bandros lumayan besar, bisa mengangkut banyak penumpang, karena punya daya tampung 40 orang. Warna merah menjadi ciri khasnya. Bus bergaya klasik. Yang menarik, bus Bandros bukan bus seperti bus biasanya. Tapi ini bus bertingkat, dimana yang unik untuk tingkat duanya, bus tak beratap. Karena tanpa atap, maka penumpang bisa bebas memandang pemandangan kota dari atas bus. Bus Bandros mirip bus-bus yang sering dipakai klub-klub bola atau tim nasional sepakbola sebuah negara, ketika merayakan kemenangannya menjuarai sebuah kompetisi bergengsi, entah itu Piala Champion atau Piala Dunia.

Bus seperti bus Bandros inilah yang dipakai mengarak piala dan pemain keliling kota. Waktu Persib juara ISL, bus inilah yang dipakai mengarak pemain dan piala keliling kota. Nah, bila singgah ke Kota Bandung, cobalah menyempatkan waktu mencicipi sensasi menaiki Bus Bandros. Bus Bandros sendiri punya jadwal mengelilingi Kota Bandung 6 kali dalam sehari. Namun biar tak ribet, mau naik Bandros kita sebaiknya tahu dulu jadwal keberangkatan bus. Jadwal keberangkatan bus, di mulai pukul 10.00 WIB dan berakhir pukul 17. 00 WIB

Setiap satu kali keberangkatan, bus Bandros akan berkeliling selama kurang lebih 1 jam. Nah, untuk bisa berkeliling menikmati kota Bandung dengan bus Bandros, penumpang harus membeli tiket dulu. Harga tiket 10 ribu. Entah sekarang apa sudah naik atau belum. Bus berangkat dari titik keberangkatan yang dimulai dari Taman Kandaga Puspa yang terletak di belakang Gedung Sate, kemudian bus bergerak ke arah Jalan Dago, Jalan Merdeka, Jalan Lembong, Jalan Asia Afrika, Jalan Banceuy, Jalan Braga dan Jalan Riau, lalu kembali ke tempat keberangkatan di Taman Kandaga Puspa

Di dalam bus, disediakan pemandu wisata yang akan bercerita sepanjang perjalanan tentang kota Bandung. Tapi untuk penumpang yang ada di tingkat dua harus hati-hati, karena banyak kabel dan ranting pohon yang melintang di atas. Namun tenang saja, pemandu wisata akan memperingatkan bila ada kabel atau ranting pohon yang melintang. Tertarik naik Bandros, datanglah ke Paris Van Java.

Penulis: Agus Supriyatna

Comment di sini