Istilah Passionpreneurship

by
February 24th, 2015 at 9:35 am

CiriCara.com – Ada istilah baru untuk bidang wirausaha, yaitu passionpreneurship. Latar belakang munculnya kata ini tidak jauh-jauh dengan induknya, enterpreneurship. Tren pekerjaan tersebut muncul karena jumlah Sumber Daya Manusia yang tidak sesuai dengan lapangan kerja. Selain itu, jenis pekerjaan ini muncul dari tuntutan terhadap waktu yang begitu tinggi di kantor.

passion

Passion – Ist

Enterpreneurship atau kewirausahaan merujuk pada menciptakan dan menjual produk baru yang kreatif dan inovatif dari berbagai aspek (rancangan, pemasaran, nama, dan lain-lain). Bidang ini menjanjikan seseorang menjadi bos bagi dirinya sendiri. Pekerjaan tersebut juga memiliki citra menantang.

Wirausaha yang lumrah kita dengar ialah seputar makanan, minuman, pakaian, aksesoris, kerajinan, atau perangkat rumah tangga. Cakupan ini kadang membuat seseorang ciut karena mengaku tidak gemar terhadap bidang tersebut.

Banyak juga yang keberatan untuk menjalani usaha ini karena tidak sesuai dengan disiplin pendidikan yang mereka ambil. Beberapa bidang kemudian stag kepada image bekerja di kantor. Padahal, wiraswasta tidak hanya seputar berdagang barang, tetapi juga jasa dan kreativitas.

Menjadi pengusaha ternyata bisa berangkat dari hal-hal yang kita sukai, misalnya berlibur, buku, menulis, menggambar, komputer, membuat film, tanaman, dan masih banyak lagi. Tinggal menilik apa sebenarnya passion kita. Kata ini berasal dari Bahasa Inggris yang berarti emosi atau antusiasme kuat pada sesuatu.

Passionpreneurship berarti wiraswasta yang “gue banget!”. Bayangkan, Anda tidak hanya menjalani apa yang membuat Anda bahagia tetapi juga memperoleh uang darinya. Dedy Dahlan, Passion Coach, menuturkan ada PIPO untuk membentuk profesi yang sesuai dengan jati diri. PIPO ialah passion, identity, dan payouts.

Pertama, tanyakan pada diri apa yang Anda suka dan ingin lakukan dengan hal tersebut. Kedua, pilih mana yang Anda kuasai dan sesuai dengan ideologi diri. Ketiga, pilih yang bisa menghasilkan pendapatan.

Perkembangan teknologi sudah sangat memungkinkan bagi pekerjaan berbagai bidang. Passionpreneurship bisa mengacu pada pekerjaan freelance atau lepas melalui sistem online. Salah satu contoh dari profesi sesuai passion adalah penulis atau blogger. Mereka bisa bekerja untuk situs yang dikelola sendiri atau milik pihak lain. Mereka juga bisa memilih waktu kerja namun tetap berkomitmen terhadap target yang telah ditetapkan.

Jika belum mengetahui passionpreneurship apa yang bisa Anda lakukan, saran Dedy, tanyakan PIPO pada diri. Memperluas wawasan juga dapat membantu Anda untuk mendeteksinya.

Penulis: Ummu Solid

Comment di sini