Mengenal Batu Akik Bacan

by
February 24th, 2015 at 10:54 am

CiriCara.com – Saat ini demam batu akik tengah melanda masyarakat. Bahkan, yang dilanda demam batu akik tak hanya kalangan rakyat biasa, tapi juga artis, bahkan pejabat negara. Harga batu akik pun membumbung. Harganya naik gila-gilaan, ada yang mencapai puluhan juta.

 

bacan

Batu bacan – Ist

Batu akik pun naik pamor. Orang pun berbondong-bondong mencari batu akik. Bukit dibongkar dan ditatah untuk mendapatkan bongkahan batu yang bisa membuat penemunya banjir rupiah. Di Aceh bahkan terdengar kabar, dua kelompok warga nyaris bentrok memperebutkan bongkahan batu yang disebut-sebut bahan batu akik kualitas super. Bagaimana tak memicu bentrok, harga batu akik kualitas super di Aceh, per kilogramnya bisa mencapai ratusan juta. Kini, batu akik seberat 20 ton itu sudah disita pihak Pemda dan kepolisian, karena dikhawatirkan bila tak diamankan, bentrok akan terjadi.

Demam batu akik pun, melahirkan banyak nama jenis batu. Nama-nama seperti Kecubung, Kalimaya, Opal, Sungai Dareh, Kalsedon, Red Baron, Pancawarna, Zasper, Indocrase, Bacan, Merah Delima dan lain-lain, ramai diperbincangkan. Nama-nama itu, adalah penanda asal usul darimana batu akik itu berasal.

Salah satu batu akik yang tenar adalah batu akin dengan nama batu ‘bacan’. Kenapa di sebut bacan? Batu akik itu diberi nama bacan karena memang berasal dari Pulau Bacan, salah satu pulau di Maluku Utara. Atau dalam kata lain, batu itu hanya ditemukan di Pulau Bacan. Batu bacan ini, sekarang jadi batu akik paling dicari.

Menurut informasi yang saya kumpulkan dari kolektor dan penggemar batu, batu akik bacan ini, terdiri dari tiga jenis yakni, Doko, Obi dan Palamea. Batu ini ditemukan di daerah Bacan yang ada di Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara. Bacan sendiri adalah nama sebuah pulau kecil di Kabupaten Halmahera Selatan. Kini batu bacan, menjadi salah satu primadona yang banyak diburu para kolektor batu mulai.

Padahal awalnya, batu bacan dianggap tak punya nilai. Tapi seiring dengan ramainya demam batu akik, batu bacan pun mencuat jadi salah satu batu favorit para kolektor. Harganya pun kini ikut meroket. Harganya untuk ukuran kecil kisarannya antara 2 hingga 15 juta. Bahkan, ada batu bacan yang dihargai ratusan juta. Jenis batu bacan sendiri akan dibedakan dari warnanya. Bila warnanya kehijau-hijauan, itu adalah bacan jenis Doko. Tapi jika warnanya merah, itu adalah bacan jenis Obi. Bacan jenis Palamea sendiri warnanya kebiru-biruan.

Penulis: Agus Supriyatna

Comment di sini