Mengenal Macam-Macam Maskapai

by
February 24th, 2015 at 11:28 am

CiriCara.com – Belakangan, “maskapai” banyak disebut. Beberapa hari lalu, penumpang Lion Air menuntut penjelasan atas terlambatnya penerbangan selama lima jam. Selama beberapa waktu, pihak maskapai tidak menindak-lanjuti dan tidak dapat dihubungi oleh awak media.

pesawat

Maskapai penerbangan – Ist

Awal tahun ini, berita-berita di Indonesia juga diwarnai dengan kata “maskapai”. Ini terkait dengan jatuhnya pesawat Air Asia QZ 8501 di Selat Karimata. Pesawat internasional tersebut hilang kontak setelah terbang selama satu jam. Sebanyak 102 jenazah telah ditemukan termasuk pilot. Semua black box juga sudah ditemukan. Atas peristiwa ini, pihak maskapai memberikan asuransi. Beberapa maskapai yang melakukan pelanggaran ijin terbang juga dikenai sanksi.

Kata maskapai yang banyak kita dengar dari media massa umumnya berhubungan dengan dunia penerbangan. Ini membentuk persepsi khusus terhadap arti kata ini, padahal terminologi itu tidak hanya digunakan dalam transportasi udara. Sebenarnya, apa arti istilah tersebut?

Arti

Maskapai merupakan bahasa yang diserap dari Bahasa Belanda, yaitu maatschappij. Arti kata ini ialah  “perusahaan”. Lamanya penjajahan Belanda di Indonesia dapat berpengaruh terhadap penggunaan kata tersebut.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, maskapai adalah perseroan dagang atau perusahaan.  Kata maskapai ini biasanya digunakan dalam bidang penerbangan maupun pelayaran. Jadi, istilah ini tidak hanya digunakan dalam transportasi udara tetapi juga laut. Asal tahu saja, kata ini juga biasa digunakan dalam tranportasi darat, yaitu kereta api.

Maskapai Penerbangan

Maskapai penerbangan merujuk pada perusahaan yang menyediakan jasa transportasi udara untuk penumpang (orang) ataupun barang. Beberapa maskapai ini memiliki pesawat sendiri. Maskapai lainnya menjual jasa penerbangan dengan pesawat yang disewa. Maskapai penerbangan mencakup direktur, manajer, pilot, hingga pramugari. Contoh maskapai penerbangan ialah Lion Air, Batik Air, Citilink, Air Asia, Sriwijaya Air, Susi Air, Emirates, dan lain-lain.

Rute penerbangan di Indonesia mulai dibuka oleh perusahaan Koninklijke Nederlandsch Indische Luchtvaart Maatschappij pada tahun 1928. Perusahaan tersebut melayani penerbangan Jakarta-Bandung seminggu sekali.

PT. Garuda Indonesia merupakan maskapai penerbangan pertama Indonesia pada tahun 1949. Awalnya, perusahaan tersebut bernama Garuda Indonesian Airways yang mengantarkan Presiden Soekarno dari Yogyakarta untuk dilantik menjadi Presiden Republik Indonesia Serikat di Jakarta.

Maskapai Pelayaran

Maskapai pelayaran adalah perusahaan atau perseroan yang menyediakan jasa transportasi laut baik untuk penumpang maupun barang. Maskapai pelayaran juga mencakup angkutan bagi hasil-hasil tambang berupa minyak, batu bara, dan lain-lain. Contoh maskapai pelayaran di Indonesia ialah PT. Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) dan PT. Maskapai Pelayaran Pulau Laut. Maskapai tersebut memiliki rute-rute pelayaran.

Pada tahun 1890, pemerintah Belanda mendirikan maskapai pelayaran Koninkelijitke Paketvaart Maattscappij. Pasca Indonesia merdeka, PT. Pelni didirikan pada tahun 1950.

Maskapai Kereta Api

Maskapai kereta api adalah perusahaan yang menyediakan jasa transportasi darat menggunakan kereta api baik untuk penumpang maupun barang. Maskapai ini juga mencakup pengangkutan batu bara melalui jalur rel. Contoh maskapai Kereta Api ialah PT. Kereta Api Indonesia. Maskapai kereta api yang pertama di Indonesia ialah Nederlandsch Indische Spoorwerg Maatschappij (Maskapai Kereta Api Hindia Belanda) pada tahun 1864. Hingga masa pendudukan Jepang, perkeretaapian Indonesia terus berkembang. PT. Kereta Api kemudian berdiri pada tahun 1999.

Penulis: Ummu Solid

Comment di sini