3 Arti Eksekusi

by
February 25th, 2015 at 11:43 am

CiriCara.com – Akhir-akhir ini Indonesia dan Australia sedang berdebat soal eksekusi terhadap pengedar narkoba Bali Nine. Perdana Menteri Tony Abbott menginginkan hukuman mati terhadap dua warga negaranya tersebut ditarik. Namun, pemerintah Indonesia masih pada pendiriannya.

hukuman mati

Ilustrasi Hukuman Mati – Ist

Konteks munculnya eksekusi belakangan ini membentuk pemahan tersendiri terhadap kata itu. Eksekusi juga digunakan dalam beberapa topik selain hukuman mati. Sebenarnya, apa arti eksekusi?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, eksekusi mengandung dua arti. Pertama, ialah pelaksanaan putusan hakim atau pelaksanaan hukuman badan peradilan khususnya hukuman mati. Kedua, eksekusi berarti penjualan harta orang karena berdasarkan penyitaan.

Eksekusi Mati

Menilik pengertian yang telah disebutkan, eksekusi mati berarti menjalankan hukuman mati oleh pihak tertentu kepada pihak yang dihukum. Ketetapan ini jatuh kepada mereka yang melakukan kejahatan kelas berat seperti narkoba. Beberapa faktor detilnya ialah peran pelaku dalam tindak kriminal tersebut, jumlah narkoba, jenisnya, dan lain-lain yang diatur dalam  undang-undang.

Sebelum duo Bali Nine, Pengadilan Negeri sudah melaksanakan eksekusi mati pada enam terpidana. Mereka ialah Marco Archer Cardoso Mareira (Brazil), Daniel Enemua (Nigeria), Ang Kim Soe (Belanda), Namaona Dennis (Malawi), Tran Thi Hanh (Vietnam), dan Rani Andriani (Indonesia).  Eksekusi tersebut berupa hukuman tembak yang berlangsung di Nusa Kambangan dan Boyolali.  Eksekusi dilakukan oleh Regu Tembak yang terdiri dari satu perwira sebagai pemimpin, satu Bintara, dan dua belas Tamtama.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1964 Tentang Tata Cara Pelaksanaan Pidana Mati yang Dijatuhkan oleh Pengadilan di Lingkungan Peradilan Umum dan Militer, eksekusi harus diberitahu kepada terpidana tiga hari sebelum pelaksanaan. Untuk perempuan hamil, eksekusi dilakukan empat puluh hari setelah bayinya lahir. Menjelang hari H, terpidana akan didampingi oleh rohaniawan dan keinginannya seperti bertemu keluarga atau memperoleh barang tertentu harus terpenuhi.

Eksekusi Lahan

Istilah ini merujuk pada putusan Pengadilan yang harus  dilaksanakan secara paksa karena pihak yang kalah tidak mau mematuhi. Delapan hari setelah pemilik lahan ditetapkan oleh Pengadilan, pihak yang kalah harus menyerahkan lahannya. Jika tidak, pemenang dapat mengajukan eksekusi yang akan dilakukan oleh pihak Pengadilan.

Contohnya seperti pada Januari lalu, terjadi keributan di Kelapa Gading, Jakarta Utara antara TNI AL dan pihak Pengadilan Jakarta Utara. Lahan yang terdapat di Markas Komando Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal) disengketakan oleh pihak ahli waris Soemardjo. Berdasarkan keputusan Pengadilan, tuntutan  tersebut menang sehingga dilaksanakan eksekusi atau penyitaan lahan. Sementara itu, Letkol Amir Mahmud dari TNI AL menyatakan bahwa pihaknya sudah berlaku benar karena memiliki bukti.

Lelang Eksekusi

Menilik pengertian menurut kamus, eksekusi juga berlaku pada penjualan barang sitaan. Harta-benda yang bukan lagi hak pemiliknya atas putusan Pengadilan dapat dilelang. Hal ini memang jarang kita dengar, peminatnya pun masih sedikit. Karenanya, peluang bisnis dalam bidang ini termasuk besar. Lembaga yang berwenang atas informasi dan pelaksanaan lelang ialah Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang.

Penulis: Ummu Solid

Comment di sini