7 Fakta Unik Doraemon

by
February 25th, 2015 at 11:55 am

CiriCara.com – La la la… Aku sayang sekali…Doraemon! Itulah penggalan lirik lagu Doraemon, robot kucing berwarna biru yang sangat populer di layar kaca. Dia selalu mengeluarkan berbagai alat canggih dari kantong ajaibnya untuk menolong Nobita. Tokoh kartun karya Fujiko Fujio ini memiliki banyak rahasia menarik yang mungkin kamu belum tahu. Apa saja?

dora emon

Patung Doraemon di Fujiko Fujio Museum (nama pencipta Doraemon) – Ist

1. Doraemon diciptakan dari dua patah kata, yaitu Dora dan Emon. Dora adalah kata plesetan dari Nora yang berasal dari Nora neko yakni kucing liar. Emon adalah semacam kata tambahan tradisional Jepang sebagai nama binatang berkelamin jantan.

2. Meskipun sangat populer dengan warna biru, warna asli Doraemon adalah kuning. Setelah tahu bahwa telinganya digigit tikus, ia depresi, menyelinap ke atas menara dimana ia minum ramuan berlabel ‘kesedihan’. Ketika menangis, warna kuningnya luntur. Dalam Bahasa Inggris, istilah ‘in blue’ berarti sedang dalam kesedihan.

3. Doraemon memiliki angka keberuntungan, lho! Yaitu 1293. Doraemon memiliki berat 129,3 kg dan tinggi 129,3 cm. Ia bisa berlari hingga kecepatan 129,3 km/jam ketika ketakutan. Doraemon mampu setinggi melompat 129,3 cm ketika terancam bahaya. Pada tanggal 3 bulan 9 tahun 2112, Doraemon diproduksi di pabrik robot Mitsushiba. Unik, ya?

4. Doraemon takut pada tikus karena trauma sebab telinga robotnya pernah digigit tikus. Dalam beberapa serialnya, Doraemon selalu ketakutan ketika tiba-tiba ada tikus di kamar Nobita.

5. Doraemon memiliki saudara perempuan bernama Dorami. Namun, Dorami lebih hebat dari Doraemon karena mampu menghasilkan energi sebesar 10.000 tenaga kuda. Sedangkan Doraemon hanya bisa mengeluarkan sebesar 129,3 tenaga kuda. Perbedaannya jauh amat, ya?

6. Tahukah kamu, siapa nama tokoh Pak Guru yang sering memarahi Nobita? Sebenarnya, tokoh ini sejak awal tidak memiliki nama dan hanya disebut Sensei. Tetapi, dalam versi yang diputar di Nihon Television Japan, Pak Guru bernama Ganari.

7. Film terakhir Doraemon adalah Stand By Me yang dirilis 2014 lalu. Tak seperti film-film Doraemon sebelumnya yang merupakan animasi dua dimensi, Stand By Me dibuat dalam versi 3D. Apakah kamu sudah menonton filmnya?

Penulis: Khaeriya

Comment di sini