8 Fakta Unik Melati, Puspa Bangsa Indonesia

by
February 25th, 2015 at 2:41 pm

CiriCara.com – Tahukah kamu bahwa bunga melati putih adalah Puspa Bangsa? Bunga bernama latin Jasminum sambac ini adalah bunga yang memiliki makna luas dalam tradisi Indonesia. Melati adalah bunga kehidupan, keindahan, dan pernikahan, namun sering dikaitkan dengan simbol kematian dan arwah orang yang telah wafat. Apa saja keunikan bunga ini?

melati

Bunga melati – Ist

1. Dalam Undang-undang tahun 1990, melati putih ditetapkan sebagai salah satu dari bunga nasional Indonesia. Dua bunga nasional lainnya ialah anggrek bulan sebagai Puspa Pesona dan raflesia sebagai Puspa Langka.

2. Spesies melati putih berasal dari Asia Selatan (India), kemudian tersebar dari Hindustan ke Indocina, lalu Kepulauan Melayu, akhirnya kini ada banyak di wilayah Indonesia.

3. Selain di Indonesia, bunga ini juga menjadi bunga nasional Filipina sejak tahun 1934 oleh Gubernur Jenderal Filipina, Frank Murphy, melalui proklamasi nomor 652.

4. Dalam tradisi Indonesia, melati melambangkan kesucian, keanggunan yang sederhana, dan ketulusan. Tanaman yang ketinggiannya dapat mencapai 2 meter ini juga simbol kerendahan hati karena wanginya harum semerbak meski ukurannya kecil.

5. Di hari pernikahan, kuncup bunga melati yang belum sepenuhnya mekar biasanya dipetik dan dirangkai menjadi roncean melati. Pengantin adat Jawa atau Sunda dihiasi roncean melati yang membentuk jaring pada konde, dan sebagian lainnya membentuk rantai roncean melati yang menggantung dari kepala pengantin wanita. Melati juga menghiasi keris pengantin pria, rangkaian ini disebut roncen usus-usus yang merujuk kepada bentuknya yang menyerupai usus dan dikaitkan dengan legenda Arya Penangsang.

6. Melati juga sering digunakan sebagai bunga sesajen untuk Hyang, arwah, dan dewa-dewa, terutama oleh umat Hindu Bali. Selain itu, melati difungsikan sebagai bunga taburan dalam upacara pemakaman dan ziarah.

7. Bunga melati seringkali dijadikan simbol pahlawan yang gugur demi bangsa dan negara. Ismail Marzuki menciptakan lagu patriotik Melati di Tapal Batas pada tahun 1947 yang menggambarkan melati sebagai pahlawan yang gugur di medan perang dan harumnya senantiasa hadir sebagai kusuma yang menghiasi Ibu Pertiwi.

8. Selain pesonanya, melati ternyata dapat digunakan sebagai obat antiradang, merangsang keluarnya keringat, peluruh air seni, dan melegakan nafas. Orang Tionghoa biasa mencampurkan bunga ini ke minuman teh. Bahkan, kini teh melati juga sudah umum di Indonesia, ya?

Penulis: Khaeriya

Comment di sini