Apa itu Filsafat?

by
February 25th, 2015 at 9:47 am

CiriCara.com – Secara etimologis bahwa kata filsafat dipungut dari bahasa serapan Belanda yang juga dikenal di Indonesia yaitu Filsuf. Dan serapan dari bahasa Arab فلسفة, yang juga diambil dari bahasa Yunani; Φιλοσοφία philosophia yang masing-masing mempunyai makna philia = persahabatan, cinta dan lain-lain. Sophia bermakna kebijaksanaan, sehingga dapat disimpulkan berarti pecinta kebijaksanaan.

filsafat

Filsafat – Ist

Filsafat merupakan ilmu atau studi yang mempelajari fenomena kehidupan dan pemikiran manusia yang diolah secara kritis kemudian dijabarkan dalam konsep mendasar. Ilmu filsafat dalam prakteknya tidak melakukan eksperimen-eksperimen dan percobaan-percobaan akan tetapi memunculkan permasalahan secara mirip, dalam mencari solusi maka dari itu memberikan argumentasi dan berbagai alasan yang tepat untuk menemukan solusi.

Dan dalam filsafat ini dalam mencari dan menemukan akar permasalahannya mutlak digunakan logika berpikir dan logika bahasa. Logika sendiri merupakan sebuah ilmu yang secara bersama-sama dipelajari dalam matematika dan filsafat.  Hal ini dapat diketahui bahwa filsafat menjadi ilmu yang pada segi sisi-sisinya  yang bercirikan eksak disamping mempunyai nuansa khas filsafat yaitu spekulasi, rasa penasaran, keraguan dan ketertarikan. Filsafat juga bisa diartikan sebagai perjalanan menuju ke sesuatu tempat yang paling dalam, sesuatu itu biasanya tidak tersentuh oleh disiplin ilmu lain yang bersifat skeptic yang biasanya memperhatikan segala hal.

Dalam klasifikasinya, bahwa tradisi filsafat banyak orang yang mengajukan pertanyaan yang sama, menanggapi dan seterusnya serta meneruskan karya-karya pendahulunya sesuai dengan latar belakang budaya, agama, bahkan bahasa di tempat tradisi filsafat itu dibangun. Oleh karenanya bahwa filsafat bisa diklasifikasikan menurut daerah dengan geografis dan latar belakang budayanya. Saat ini bahwa filsafat dibagi menjadi dua bagian yaitu menurut wilayah dan menurut latar belakang agama.

Menurut wilayah, bahwa filsafat dibagi menjadi : filsafat barat dan filsafat timur, dan filsafat timur tengah, sementara itu menurut latar belakang agama, filsafat dibagi menjadi filsafat Islam filsafat Hindu, filsafat Budha, dan filsafat Kristen. Filsfat barat menitikberatkan pada ilmu yang biasa dipelajari secara akademis di universitas-universita di Eropa, Asia, dan daerah-daerah jajahannya, filsafat ini berkembang dipengaruhi oleh tradisi filsafat orang Yunani kuno.

Adapun tokoh utama filsafat barat seperti Plato, Rene, Thomas Aquinas, Immanuel Kant, Arthur Schopenhauer, Georg Hegel, Karl Heinrich Marx, Friedrich Nietzsche, dan Jean Paul Sartre.

Demikian tentang apa itu filsafat, perkembangan dan tokoh-tokoh filsafatnya. Selamat membaca..

Penulis: MasArif

Comment di sini