Apa itu Suku Bugis?

by
February 25th, 2015 at 2:30 pm

CiriCara.com – Seperti dikutip dari Wikipedia, Bugis merupakan suku-suku yang tergolong dalam golongan suku Melayu Deutero. Bugis masuk ke wilayah Nusantara setelah gelombang migrasi pertama dari daratan Asia tepatnya daerah Yunan. Kata Bugis berasal dari kata “To Ugi” yang artinya orang Bugis.  Penamaan “Ugi” pertama kali dilakukan oleh Kerajaan Cina yang berdomisili di Pammana, Kabupaten Wajo saat ini yaitu La Sattumpugi.

bugis

Suku Bugis – Ist

Bugis sebagai enik di wilayah Sulawesi Selatan, ciri khas utamanya adalah kelompok yang mempunyai bahasa dan adat-istiadat yang unik, sehingga para pendatang dari Melayu dan Mingkabau merantau ke Sulawesi sejak abad ke-15, perantauan mereka menetap dan bekerja sebagai tenaga administrasi dan pedagang di Kerajaan Gowa waktu itu.

Berdasarkan sensus setempat bahwa populasi Bugis sekitar enam juta jiwa, dan kini orang-orang Bugis menyebar ke pelbagai provinsi di Indonesia, seperti Sulawesi Tengah, Papua, DKI Jakarta, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur. Juga sebagian banyak yang berdomisili di Malaysia serta Singapura, meraka disana sudah beranak-pinak dan keturunan hingga menjadi warganegara di sana. Masyarakat Bugis terkenal dengan jiwa ‘merantau’ hingga mancanegarapun di datanginya hingga menjawa warga negara juga.

Seperti suku-suku yang lain, Bugis pun mempunyai Senjata Khas Bugis, seperti:

  1. Badik Makasar. Badik Makasar, mempunyai karakteristik memiliki kale atau bilah yang pipih battang (perut) buncit dan sangat tajam, serta cappa (ujung) yang runcing juga. Badik yang berbentuk seperti ciri tersebut dinamankan Badik Sari, badik ini terdiri dari bagian gagang badik, sumpa kale (tubuh badik) dan banoang (sarung badik). Di daerah ini badik disebut dengan Kawali, seperti Kawali Raja (Bone) dan Kawali Rankong (Luwu).
  2. Badik Bugis. Badik Bugis agak berbeda dengan Badik Makasar, pada badik ini atau Badik Bugis Kawali mempunyai bessi atau bilah yang pipih, ujungnya runcing dan bentuknya agak melebar. Pada bagian ujungnya. Sedangkan Badik Kawali Luwu, memiliki bessi pipih dan berbentuk lurus, Kawali pun mempunyai bagian-bagian seperti penghulu (hulu), bessi (bilah) dan wanua (sarung). Seperti senjata tradisional lainnya, Kawali juga mempunyai kekuatan sakti.
  3. Kul Butet. Kul Butet merupakan jenis Badik yang dipercaya mempunyai fungsi untuk mendatangkan rejeki yang melimpah bagi pemiliknya.

Badik-badik tersebut merupakan warisan leluhur dan sebuah benda yang akan meningkatkan derajat, terutama kaum lelaki. Seperti kata orang Makasar mengenai badik :”Teyai bura’ne punna tena ammallaki badik” (Bukan seorang lelaki jika tidak memiliki badik), begitupun dengan kata orang Bugis “Taniya ugi narekko de’na punnai kawali” (Bukan seorang Bugis jika tidak memiliki badik). Menurut orang Bugis Makasar pada umumnya bahwa jenis badik memiliki kekuatan sakti dan dipercaya bahwa kekuatan itu dapat berpengaruh terhadap pemiliknya.

Penulis: MasArif

Comment di sini