Cara Mencegah Tindak Kejahatan Begal Motor

by
February 25th, 2015 at 9:32 am

CiriCara.com – Belakangan ini kasus begal motor kian marak terjadi di sejumlah wilayah mulai dari Depok, Bekasi, hingga Tangerang. Hal ini tentu menjadi peringatan untuk pengendara sepeda motor khususnya mereka yang sering beraktivitas pada malam atau dini hari.

begal motor

Ilustrasi begal motor – Ist/Harianterbit

Yang terbaru, Selasa (24/2/2014) dini hari kemarin, pemuda bernama Wahyu Hidayat (19) menjadi korban begal motor di daerah Tangerang Selatan. Wahyu bersama dengan teman perempuannya yang dibonceng pun terluka akibat sabetan senjata tajam pelaku.

Beruntung, Wahyu berhasil melawan dan meminta tolong kepada warga sekitar. Tak lama, warga pun langsung mengejar pelaku yang berjumlah 4 orang. Salah satu pelaku akhirnya berhasil ditangkap warga dan diamuk massa hingga akhirnya dibakar warga yang kesal.

Kenapa kasus begal motor itu terus terjadi? Ada kah cara untuk mencegahnya? Mungkin cara-cara di bawah ini bisa membantu.

1. Tingkatkan infrastruktur

Begal motor sering terjadi di tempat yang sepi dan di jalan yang gelap. Untuk mencegah kasus serupa baiknya jumlah lampu penerangan jalan ditambah, khususnya di jalan yang gelap dan rawan. Selain untuk mencegah begal motor, penerangan jalan ini juga berguna untuk menjaga keamanan dan keselamatan dalam berkendara.

2. Tingkatkan keamanan

Jangan tunggu ada korban, baru bertindak. Cobalah untuk membuat pos-pos keamanan di sekitar lokasi rawan begal motor. Tidak hanya anggota polisi, warga pun bisa ikut serta dalam melakukan pengamanan tersebut. Dengan demikian para pelaku begal motor agar berpikir dua kali untuk melakukan aksinya.

3. Perbaiki mental

Para pelaku begal kebanyakan berasal dari kalangan remaja hingga para pengangguran. Hal ini terjadi tentu karena mental mereka yang salah. Untuk itu butuh peran penting dari masyarakat dan khususnya keluarga untuk memberikan bimbingan kepada para remaja dan pengangguran. Tujuannya tentu agar mereka tidak terjerumus ke hal negatif dan tindakan kriminal.

4. Sigap dan tegas

Butuh koordinasi yang baik antara masyarakat dan anggota kepolisian sebagai penegak hukum. Tentu hal ini untuk mencegah tindakan main hakim sendiri oleh warga jika berhasil menangkap pelaku begal motor. Bukan untuk melindungi pelaku, tapi untuk melindungi informasi dari pelaku terkait pelaku begal motor lainnya. Kalau pelaku pertama sudah tewas, siapa yang bisa membongkar jaringan begal motor ini?

Nah, buat Anda yang sering berkendara di malam hari, ada baiknya lebih waspada dan bisa ikuti tips cegah jadi korban begal motor. Jangan lupa juga untuk selalu berdoa sebelum berkendara agar Anda mendapat perlindungan Tuhan.

Mari tingkatkan keamanan dan kewaspadaan demi suasana yang kondusif. Cegah kejahatan begal motor!

(YG)

Comment di sini