Indonesia Penyumbang Sampah Plastik ke Laut Nomor Dua di Dunia

by
February 25th, 2015 at 1:25 pm

CiriCara.com – Orang bijak bestari mengatakan, kebersihan adalah bagian dari iman. Dan, orang tua dan guru selalu mewanti-wanti, buanglah sampah pada tempatnya. Dengan membuang sampah pada tempatnya, kebersihan akan terjaga. Jika kebersihan terjaga, lingkungan pun akan sehat. Bebas dari bibit penyakit, juga bebas dari kemungkinan banjir yang kerap menerjang karena sungai dan got tersumbat sampah.

sampah di laut

Sampah – Ist

Sudahkah kita menjaga iman dengan menjaga kebersihan? Sepertinya kita harus mengakui, belum sepenuhnya memegah teguh itu dalam laku keseharian kita. Kita masih seenaknya membuang sampah. Kita masih belum merasa berdosa membuat saluran atau sungai tersumbat tumpukan sampah. Tidak heran,bila hujan deras mengguyur banjir pun datang. Saatnya kita intropeksi,merubah laku kita, mengimani ajaran, bahwa menjaga lingkungan adalah perbuatan mengajekan iman.

Pertanyaannya, sudahkan Indonesia sebagai sebuah negeri menjaga dan merawat kebersihan lingkungannya? Banyak yang menjawab belum. Faktanya hutan di negeri ini kian tergerus. Sungai-sungai pun banyak yang tercemar. Pun, Daerah Aliran Sungai (DAS) banyak pula yang rusak. Banjir dan longsor pun seakan jadi ‘bencana’ rutin yang datang tiap musim hujan tiba. Harusnya, kita sebagai individu dan kita sebagai sebuah bangsa menyadari semua itu. Kita mesti bertanya ke dalam diri kita, kenapa alam sekarang mudah memuntahkan ‘amarah’? Karena laku kitakah, hingga alam mudah murka? Jika karena kita, mari kembali ke khittah, bahwa hidup harus akrab bersahabat dengan alam.

Dari sebuah berita kecil yang ditulis Koran Tempo, edisi 14 Februari 2015, saya mendapati sebuah fakta miris tentan negeri ini. Berita itu, hanya terdiri dari dua paragraf. Tapi isinya, bukan sekedar informasi ringan, tapi sebuah penggalan bukti yang membuat kita terpaksa mengurut dada. Di berita Koran Tempo itu, dituliskan Indonesia adalah negara peringat kedua penyumbang polusi plastik ke laut terbesar di dunia. Fakta yan miris. Contoh telanjang, bahwa negeri ini belum mengimani kebersihan.

Di tuliskan dalam berita tersebut, tiap tahun sebanyak 8 juta ton sampah plastik masuk ke samudera dunia. Dan menurut berita Koran Tempo yang saya baca, Indonesia menyumbang 0,48-1,29 juta ton sampah ke laut. Itu pun data tahun 2010. Diperkirakan pada 2025, sampah yang masuk ke laut bakal mencapai 17,5 juta.

Cina, berada peringkat pertama di dunia penyumbang sampah plastik ke laut, disusul Indonesia, Vietnam, Filipina, Sri Langka, Thailand, Mesir, Malaysian Nigeria dan Bangladesh. Data yang dikutip Koran Tempo, berdasarkan hasil penelitian University of Georgia, Amerika Serikat.

Penulis: Agus Supriyatna

Comment di sini