Menjelajah Chinese Museum di Australia

by
February 25th, 2015 at 2:54 pm

CiriCara.com – Perang Opium pada tahun 1840-1842 menjadikan Bangsa Cina sebagai bangsa pengelana. Ekonomi yang terpuruk, pertanian kering, kejahatan yang merajalela, dan korupsi di badan Dinasti Ching, memaksa banyak penduduk mencari penghidupan di wilayah lain. Padahal, tindakan tersebut menentang perintah Kaisar.

museum china

Museum China di Australia – Ist

Pada 15 Mei 1851, berita penemuan emas di Australia gempar melalui harian Sydney Morning Herald. Kabar ini menarik banyak pendatang termasuk Bangsa Cina dalam jumlah besar. Jumlah tersebut merupakan yang terbesar kedua setelah Inggris sehingga muncul istilah “Yellow Flood”. Yellow yang berarti “kuning” merujuk pada warna kulit keturunan Tionghoa.

Perebutan hasil tambang memicu berbagai diskriminasi terhadap “kulit kuning”. Oleh orang kulit putih, mereka dianggap sebagai komunitas berselera rendah, pembawa penyakit, penjahat, dan berbudaya aneh. Tidak sedikit permukiman Orang Cina yang dibakar. Namun, tidak semua orang kulit putih berlaku demikian. Ada juga warga sipil, polisi, dan pemuka agama yang melindungi orang kulit kuning.

Image sosial terhadap Orang Cina kemudian membaik. Generasinya pun turut berkontribusi dalam pembanguan Negeri Kanguru. Sebagai upaya untuk meningkatkan toleransi dalam pluralisme, sarana pertukaran budaya, dan pengembangan orang Cina-Australia, dibangunlah Chinese Museum. Langkah ini juga merupakan apresiasi terhadap peran keturunan Tionghoa di Negeri Wool sejak 200 tahun yang lalu.

Objek wisata ini terbilang unik. Banyak artefak, program, dan pertunjukkan yang dapat Anda temukan. Museum Cina-Australia tersebut berada di Melbourne, Victoria sebagai pusat emas.

The Millenium Dai Loong Dragon

Museum ini sarat akan arsitektur Negeri Tirai Bambu berikut patung-patung Budha-nya. Melalui artefak, dokumentasi, dan fasilitas audio visual di dalamnya, Anda dapat mengetahui sejarah Dinasti Ching hingga masuknya Bangsa CIna ke Australia. Museum ini juga memamerkan pakaian khas Tionghoa.

Objek yang paling menarik ialah The Millenium Dai Loong Dragon berukuran raksasa. Wujud mitologi Cina ini merupakan yang terbesar di dunia. Museum yang dibuka pada November 1985 tersebut juga menampilkan tiga generasi naga.

Budaya Mandarin

Anda tidak hanya disuguhi pemandangan Naga tetapi juga bisa membawanya pulang. Otoritas museum menyajikan latihan membuat miniatur Naga dan mengajarkan filosofinya. Anda juga dapat mengantongi lampion karya sendiri. Program ini berlaku untuk semua umur. Ada juga tiga program menarik khusus untuk anak-anak, yaitu membuat kaligrafi Cina, melukis Bambu, dan membuat gelang jimat.

Perpustakaan

Bagi Anda yang sedang meneliti kebudayaan Cina-Australia, museum ini merupakan pilihan tepat. Wewenang setempat menyajikan perpustakaan dengan berbagai referensi penting. Namun, ruangan ini belum dibuka untuk publik. Anda perlu membuat janji  terlebih dahulu dengan pengelola.

Kampung Cina

Chinese Museum pada awalnya ialah gudang milik Cohen Bros pada tahun 1890. Bangunan tersebut merupakan meubel furnitur yang berada di tengah Kampung Cina. Memasuki kampung ini, Anda seperti berada pada tahun 1950-an.

Berburu Harta Karun

Untuk mengikuti permainan ini, Anda akan diberikan peta. Peserta harus mencari apa yang diminta di antara lima lantai Chinese Museum. Anda juga harus menjawab beberapa pertanyaan. Ada hadiah menarik bagi mereka yang berhasil.

Penulis: Ummu Solid

Comment di sini