Uniknya Vampir Era 90-an

by
February 25th, 2015 at 10:08 am

CiriCara.com – Jika ditanya tentang vampir, anak muda masa sekarang pastinya langsung menyebut si tampan Edward Cullen di film Twilight. Tapi, tahukah kamu tentang vampir Tionghoa yang dulu sangat ngetop di tahun 90-an? Kisah hantu penghisap darah ini dulunya sangat populer di perfilman horor di China. Ya, vampir berpakaian tradisional Tionghoa yang berjalan melompat-lompat di malam hari dengan tangan menjurus ke depan.

vampir

Vampir China – Ist

Di Tiongkok, vampir disebut Jiang Shi, dalam Bahasa Kantonis artinya mayat kaku. Namun, jika dibandingkan dengan vampir Barat, vampir China ini tergolong zombie. Sebenarnya, Jiang Shi dalam kebudayaan Tiongkok adalah sebutan untuk jenazah yang dikubur di tempat yang sangat kering atau kurang lembab, sehingga tidak ada organisme kecil yang membusukkan jenazah. Jenazah yang seperti itu biasanya mengandung racun.

Cerita tentang Jiang Shi mulanya adalah legenda yang beredar di masyarakat. Ada catatan sejarah tak resmi yang ditulis berdasarkan pengalaman seseorang, yakni buku Shu Yi Ji. Buku ini berisi catatan kejadian-kejadian aneh pada jaman Dinasti Qing, di masa pemerintahan Kaisar Shunzi hingga Kaisar Kang Xi.

Dalam buku sejarah tak resmi ini, disebutkan ada Desa Vampir (di selatan propinsi Hunan). Konon, di siang hari Jiang Shi terletak dalam peti mati atau bersembunyi di tempat gelap seperti gua. Pada malam hari, dia bangkit dari petinya lalu melompat-lompat dengan kedua tangan lurus ke depan. Hiii…seram, ya?

Namun, tak semua vampir legenda Tionghoa digambarkan melompat-lompat. Ada juga yang gerakannya mirip zombie dengan wajahkulit pucat, badannya membusuk, dan memiliki taring seperti drakula. Vampir yang seperti ini kekuatannya lebih besar dan sering disebut sebagai Raja Vampir.

Jiang Shi memiliki kekuatan supranatural, bercakar dan gigi yang tajam, bisa terbang, dan dapat berubah wujud. Wow! Semakin lama umur Jiang Shi, maka dia semakin sakti. Ketika mendapatkan korban, Jiang Shi akan menghisap energi kehidupan si korban. Dalam banyak film, Jiang Shi digambarkan membunuh korbannya dengan menggigit leher dan menghisap darah.

Meskipun sangat menakutkan, Jiang Shi memiliki kelemahan. Dia tidak bisa terkena sinar matahari, tidak bisa melewati air yang mengalir, dan takut pada beras ketan putih dan bawang putih.

Dalam ajaran Taoisme, Jiang Shi dapat dikendalikan dengan menenmpelkan kertas kuning yang disebut Hu pada dahinya. Melalu ritual Taois, vampir ini akan ‘mati’ jika tersamba petir atau terbakar.

Penulis: Khaeriya

Artikel terkait: Vampir Asli Lepas, Warga Serbia Heboh!

Comment di sini