Apa Itu Grafiti?

by
February 26th, 2015 at 11:48 am

CiriCara.com – Pasti kalian sering melihat coretan-coretan eye-catching berwarna-warni yang menghiasi dinding tepian di jalanan kota. Ada yang berupa tulisan aneh, gambar kartun, semuanya tampak unik. Ya, itulah grafiti. Lalu, bagaimana awal mula grafiti?

Grafiti

Grafiti – Ist

Grafiti (bisa juga ditulis grafitty atau grafitti) adalah kegiatan seni rupa yang menggunakan komposisi warna, garis, bentuk, dan volume untuk menuliskan kalimat atau gambar tertentu pada dinding. Grafiti ini dilakukan secara spontan, walaupun mungkin si pembuatnya lebih dulu memikirkan konsep. Biasanya, mereka membuat sketsa pada kertas. Media dan bahan membuat grafiti biasanya cat spray kaleng atau biasa kita sebut pilok.

Grafiti atau corat-coret unik ini bukanlah fenomena baru di masyarakat. Awalnya, seni yang terkesan ‘semaunya’ ini digunakan sebagai salah satu bentuk bentuk protes kepada dunia politik atau apapun lewat coretan di dinding di pinggir jalan. Namun, dalam perkembangannya aksi ini malah berubah fungsi menjadi seni.

Tahukah kamu, aksi membuat grafiti ini seringkali dianggap aksi kriminal. Para pembuat grafiti yang disebut ‘bomber’ biasanya mencoret-coret fasilitas publik. Cobalah kamu tonton aksi seniman jalanan menciptakan grafiti dalam film Jerman tahun 2006, Wholetrain. Film ini layak ditonton untuk kamu yang suka graffiti!

Apa sih, bomber itu? Bomber adalah sebutan untuk orang yang melakukan aksi grafiti. Istilah ini muncul karena bomber menggambar grafiti di malam hari agar tidak tertangkap polisi! Esok harinya, karya grafiti yang menakjubkan akan mengejutkan semua orang. Inilah mengapa aksi ini disebut ‘bomb’.

Tahukah kamu, seni jalanan ini juga dilengkapi identitas si bomber yang dinamakan ‘tag’. Ibarat sebuah lukisan, kamu pasti melihat tulian kecil (nama pelukis) di pojok kanvas. Bomber akan menyelipkan ‘tag’ setelah ia selesai membuat grafiti. Ini merupakan tanda pertanggungjawaban karya, lho!

Jika istilah ‘bomber’ merujuk pada satu orang, maka ‘crew’ adalah sebutan untuk suatu kelompok grafiti yang terdiri dari beberapa bomber dan semuanya memiliki nickname masing-masing. Pastinya nickname ini berbeda sekali dengan nama aslinya!

Ada beberapa gaya grafiti dimana ada cat yang meleleh. Cat yang meleleh karena terlalu tebal ketika disemprotkan, disebut ‘drip’. Istilah yang unik, ya?

Pernahkah kamu melihat karya grafiti berbentuk tulisan yang berukuran sangat besar dan panjangnya mencapai belasan meter? Inilah yang dinamakan ‘block buster’. Dan, grafiti jenis ini banyak terdapat di Jakarta Pusat.

Penulis: Khaeriya

Artikel terkait: Apa itu Filsafat?

Comment di sini