Apa Itu Prewedding?

by
February 26th, 2015 at 2:27 pm

CiriCara.com – Seringkali kita mendengar tentang foto ‘prewedding’. Bahkan, seakan menjadi pertanyaan standar bagi setiap calon pengantin tentang foto tersebut. Namun, sebenarnya ada arti yang lebih luas pada pengertian prewedding dibandingkan arti yang selama ini kita ketahui.

prewedding

Foto Prewedding Dudi Harlino dan Alyssa Soebandono – Ist

Kata foto prewedding berasal dari Bahasa Inggris yang berarti foto sebelum pernikahan. Arti kata ‘prewedding’ sendiri adalah masa sebelum pernikahan. Namun seiring waktu, banyak orang yang akhirnya menganggap bahwa foto ini berarti sebuah foto di suatu lokasi dengan konsep serta pakaian tertentu. Kemudian, hasil foto tersebut dipajang pada acara resepsi, pada undangan, atau diselipkan di suvenir pernikahan.

Di Indonesia, banyak orang yang sekedar mengatakan foto ‘prewed’. Padahal, di luar negara kita, istilah ini tidak ada. Di Singapura, foto semacam ini disebut ‘wedding photoshot’. Kalau di Amerika, foto sebelum pernikahan dinamakan ‘engagement photoshot’. Eh, bukankah artinya foto pertunangan, ya? Pada dasarnya adalah sama, yaitu berfoto berdua dengan pose manis nan romantis untuk dipajang pada waktu resepsi.

Karena Indonesia kaya akan budaya, foto prewedding di negara inipun bisa macam-macam tanpa perlu gaya kebarat-baratan. Foto prewedding tak hanya foto berdua, lho! Dalam tradisi Jawa, ada acara midodareni (waktu malam pembersihan mempelai wanita sebelum pernikahan berlangsung). Momen ini akan sangat unik jika diabadikan. Apakah ada momen lain yang kamu ketahui?

Lokasi untuk berfoto prewedding pun sangat banyak di Indonesia. Namun, kebanyakan masih memfavoritkan Bali sebagai lokasi tujuan. Bali juga sering digunakan untuk lokasi foto oleh orang-orang mancanegara, lho! Padahal, lokasi lain tak kalah menariknya, seperti kota tua, pantai-pantai di Jawa, dan beberapa rumah adat di Indonesia.

Jadi, apakah kamu sudah memahami arti kata prewedding? Intinya, prewedding adalah masa sebelum pernikahan. Dan, foto prewedding adalah sesi foto yang benar-benar dilakukan sebelum acara pernikahan, bisa berupa foto dokumentasi sebuah acara adat sebelum pernikahan, foto dokumentasi pertunangan, maupun foto gaya yang selama ini banyak dilakukan pasangan yang akan menikah. Apakah kamun sudah merencanakan foto prewedding-mu yang unik?

Penulis: Khaeriya

Comment di sini