Apa itu Suku Indian?

by
February 26th, 2015 at 10:43 am

CiriCara.com – Penduduk pertama di Amerika Utara adalah Suku Indian yang dari dari Asia lebih dari 20.000 tahun silam. Suku Indian mempunyai hobi yaitu berburu, karena berburu hingga mengembara sampai ke Selat Bering (dahulunya tanah genting, dan kini merupakan pemisah titik paling timur Benua Asia dan titik paling Barat Benua Amerika). Sehingga mereka akhirnya menetap dan berkembang menjadi berbagai suku-suku.

suku indian

Suku Indian – Ist

Sekitar abad ke-16 orang Eropa datang di Amerika Utara untuk kali pertama, karena keliru telah tiba di India (Asia), mereka secara latah menyebutnya penduduk asli itu orang Indian. Sebagai negara penjajah, orang-orang Eropa menginginkan tanah, oleh karena itu mereka kaum Indian terancam sehingga terjadi pertempuran antara suku Indian dan pendatang. Dan pada abad ke-19, suku Indian bertempur melawan pemerintah Amerika Serikat yang berusaha menggusur mereka, dan melalui perjuangan yang sengit maka suku Indian dipindahkan ke reservat, yaitu daerah khusus buat suku India yang bertahan hingga kini.

Adapun beberapa suku-suku sampai saat ini yang masih bertahan,

  • Suku Sioux, suku ini berada di daerah Great Plains hidup di tepee (tenda), teppe terbuat dari kulit Bison yang dikelupas kemudian dikeringkan, dan setelah itu diregangkan pada kerangka kayu yang mudah dipasang. Dan di bagian atasnya ada penutup yang bisa dibuka agar asap dari api unggu dalam tenda bisa keluar.
  • Geronimo. Suku ini berasal dari Chiricahua Apache, ia memimpin serangan dari negara barat daya hingga ke negara Meksiko. Hingga akhirnya ia ditangkap dan ditahan ke Florida, beberapa tahun kemudia ia dibebaskan dan menjadi tokoh yang terkenal.
  • Cheyenne, Comanche, Navajo dan Pueblo merupakan suku-suku yang hidup di daerah barat daya dan Iroquois, Huron serta Cherokee yang berdiam di daerah timur.

Suku Indian mempunyai senjata yang khas berupa busur dan anak panah, pisau serta pentung, juga tomahawk. Senjata tersebut digunakan untuk berburu juga berperang. Suku Indian mempunyai kerajinan yang terampil, mereka membuat pakaian dan hiasan kepada yang indah, juga mereka sangat piawai membuat sepatu moccasin yang terbuat dari kulit yang disetik dan dihiasi dengan tali kulit juga serta aneka warna manik-manik.

Demikian tentang suku Indian yang merupakan suku pribumi orang Amerika. Selamat membaca.

Penulis: MasArif

Artikel terkait: Apa itu Suku MayaApa Itu Suku Bugis

Comment di sini