Apa itu Suku Maori?

by
February 26th, 2015 at 2:49 pm

CiriCara.com - Māori merupakan suku asli yang menduduki dan lama menetap di negara Selandia Baru, Kata māori berarti “normal” atau “biasa” dalam bahasa Māori dan merujuk pada makhluk-makhluk hidup yang berbeda dari Dewa-Dewi. Sedangkan kata lain dari “Māori” memiliki banyak kerabat dan dalam bahasa Austronesia lainnya seperti kata maoli dalam bahasa Hawaii artinya adalah asli, pribumi, benar atau nyata. Dan uniknya kata ini juga memiliki kekerabatan dalam bahasa Jawa: (ma)urip yang berarti “hidup”. Kata hidup sendiri dalam bahasa Melayu juga merupakan kerabat kata ini.

suku maori

Ist

Secara geografis negara Selandia Baru memiliki pegunungan yang ditutupi oleh salju-salju pada musim tertentu turun, sehingga pengunungan di negara tersebut tampak seperti awan yang menutupi wilayah tersebut. Sekitar abad ke-18 sebelum bangsa Eropa tiba di negara tersebut, Suku Maori telah menetap secara permanen di wilayah tersebut dan membangun kebudayaan khas mereka. Mereka lebih menyukai menetap di sebelah utara Selandia Baru, pada sebuah desa kecil yaitu Rotoura, desa yang sangat nyaman,sejuk dan aman dengan alam yang masih asri dan alami itu membuat semua warganya betah. Dan disana terdapat beberapa peninggalan suku tersebut berupa patung-patung kayu yang diukir secara detail dengan relief-relief yang khas.

Suku Maori menganut kepercayaan yang kuat, seperti tabu (tentang larangan), mana (penghargaan terhadap seorang), mauri (daya hidup), utu (hari pembalasan), makutu (sihir), mereka percaya dengan Dewa, misalnya “Tanemahuta” yaitu dewa hutan, atau “Tangaroa”  yaitu dewa laut. Sedangkan menurut kepercayaan Maori bahwa Dewa tertinggi mereka percaya dengan “Lo”. Mereka juga percaya dengan adanya roh yang akan menghukum siapa saja bagi orang yang melakukan suatu kejahatan.

Tradisi untuk suku Maori dalam menyambut tamu-tamunya.

  • Hongi, adalah tradisi beradu hidung satu sama lain, mereka sangat menghargai tamu-tamunya, tetapi jangan sekali-kali membikin mereka marah.
  • Hangi, adalah makanan khas yang unik, sebab cara memasaknya pun unik, yaitu dengan menyekapnya ke dalam api di bawah tanah. Pertama batu dipanaskan kemudian makanan diletakan diatasnya, setelah itu ditutupi dengan selada atau daun kubis, kol dan sebagainya selama kurang lebih tiga jam. Dan makanan tersebut mirip dengan makanan yang dikukus dan rasanya bercampur dengan tanah, dan makanan tersebut bagi tubuh.
  • Mengukir tattoo ditubuhnya. Kebiasaan unik dari suku Maori adalah membuat tattoo di seluruh tubuhnya, tattoo tersebut bertanda kekuatan, keberanian dan status, tattoo dibuat pada saat mereka sudah mencapai masa remaja.

Demikian tentang suku Maori dan tradisi-tradisinya, selamat membaca.

Penulis: MasArif

Artikel terkait: Apa itu Suku Maya?

Comment di sini